Skip to content

Belajar Mind Mapping

April 14, 2009
Mind Map

Mind Map

Istilah mind mapping pertama kali saya tau waktu saya masih kuliah di Jogja. Adalah seorang dosen saya yang ngenalin istilah ini, ibu Nur Wijayaning namanya. Lepas kuliah, istilah dan cara belajar menggunakan mind map ilang ga tau kemana. (ada yang nemuin?hee… :mrgreen: )

Mind map mampir ke pikiran saya lagi beberapa bulan terakhir ini. Eko (sepupu saya yang kebetulan lagi kuliah s2) yang ga sengaja ngenalin lagi. Waktu maen ke rumahnya, ga sengaja saya liat ada selembar kertas dengan gambar dan warna-warna di sana sini. Haghhh….ini pernah saya liat waktu kuliah dulu, tapi lupa namanya apa. Dan Eko ngingetin lagi ma mind mapping.

Karena sekarang saya lagi ngajar di sekolah, saya mikir bisa ga ya saya nerapin mind mapping buat ke siswa di sekolah? Dan sampe sekarang saya nulis ini, masih belum saya coba. Karena emang saya masih kurang referensi banyak tentang mind mapping.

Apa seh mind map? Mind map adalah cara mudah menggali informasi dari dalam dan dari luar otakmu, cara terbaik untuk mendapatkan ide baru, cara baru untuk belajar, cara baru untuk membuat catetan yang ga ngebosenin.

Kenapa harus mind map? Otak manusia itu terdiri dari otak kiri dan kanan. Otak yang biasanya digunakan dalam belajar biasanya pake otak kiri. Ini akan menjadi ga seimbang, dan hasilnya belajar juga jadi ga efektif. Segala sesuatu harus seimbang bukan? So…Tony Buzan si pencetus Mind Map ini menggunakan cara mind mapping dalam belajar. Mind map akan pake otak kanan kita, karena dibuat oleh gambar, garis, warna, dan kata-kata. Dengan cara ini kata Tony, belajar akan tidak cepat bosan, materi belajar akan cepat diingat, ide-ide akan muncul, waktu akan lebih efektif, dan hasil belajar bisa memuaskan.

Buku Pintar Mind Map Untuk Anak

Buku Pintar Mind Map Untuk Anak

Kira-kira begitulah tentang mind map dari hasil pencarian di mbah google dan dari buku yang kemaren baru saya beli. Yep, kemaren saya baru beli buku tentang mind map. Judulnya : Buku Pinta Mind Map Untuk Anak. Kenapa saya belinya yang “untuk anak” dibanding yang lainnya?

  1. Yang untuk remaja ternyata ga ada! :grin:
  2. Buku untuk anak-anak banyak warnanya dan ga ngebosenin. Banyak gambarnya pula.
  3. Kayanya lebih enak dibaca dibanding buku tentang mind map selain buku ini.
  4. Saya beli bukunya buru-buru! :mrgreen:

Awalnya emang rencana buat beli buku ini ga direncanain banget. Akhirnya detik-detik terakhir (halah…) dari maen di Bandung, sebelum pulang, beli buku ini dulu di Toga Mas jalan Supratman Bandung. Dan keluarlah kocek 43 ribu dari dompet kucel saya. (dalem hati : bulan ini beli buku juga! :smile: )

Bukunya udah saya baca. Cukup lah buat pencerahan tentang mind mapping, gimana cara ngebuat semenarik mungkin. Untuk orang yang baru pertama mau nyoba bikin mind map kaya saya, buku ini udah cukup buat awal. Dan mudah-mudahan bisa saya coba di sekolah. Tapi bisa ga ya? Ah…ga ada yang ga bisa kalo belum dicoba! Betul tho? Saatnya mencoba.. Ya..mungkin perkenalan dulu kali ya dalam 1-2 bulanan ini. Mudah-mudahan tahun ajaran baru bisa langsung dicoba penuh. Semoga….

Buku yang lagi menunggu disentuh dan dibaca (masih rapi di rak buku) : New Moon. Sumber gambar : Dari pencarian gambar “Mind Map” di google.

Selamat hari rabu. Selamat baca. Dan selamat buat semua yang lagi nyoba sesuatu yang baru.

18 Comments leave one →
  1. April 14, 2009 2:26 pm

    yup, mind mapping memang salah satu bentuk pencarian ide yg mantap.

    salam kenal

    • gandes permalink
      August 14, 2011 1:01 pm

      bener banget tuh

  2. April 14, 2009 2:46 pm

    Assalamu’alaikum…

    Mind mapping itu sama dengan brain mapping ngga’ ya Fan?
    Kok bingung sayya =)

    *maafbarumampir

    • April 17, 2009 6:47 am

      mind mapping = brain mapping?? waduh…saya ga tau juga sama ato ga, mas rayya. Karena yang nemuin istilah ini Tony Buzan, jadi ikut yang nemuinnya aja deh, pake istilah mind mapping!hhee…

  3. April 15, 2009 4:57 am

    Saya lagi, Fan.

    kali ini saya mau menyampaikan oleh2 libur pemilu kemarin, buat Mas Irfan Muhamad.

    Diambil ya…
    http://rayyahidayat.blogspot. com/2009/04/baru-dua-puluh-dua-hari.html

    • April 16, 2009 10:02 am

      sudah diambil mas rayya, makasih lho…

  4. April 15, 2009 7:32 pm

    Hohohoho…Butuh niat besar untuk mempelajarinya…..

  5. April 16, 2009 4:06 am

    iyayyy….

    i love mindmapping!!!

    warnawarninya bikin seger…
    yang paling menyenangkan, dalam selembar kertas aja kita sudah bisa ‘merangkum’ bahan sebuku (bahkan lebih dari satu buku) penuh. ga perlu buat catetan ribet lagi :D

    *bibisayayangjebolansekolahgurujamanbaheulakomentar:iniapasihkokwarnawarniruwetkayakbenangkusut* :mrgreen:

  6. Sukma permalink
    April 17, 2009 3:23 am

    Saya pernah coba pakai metode ini untuk menghapal mata kuliah taksonomi, seperti nama-nama spesies, kelas, filum, de el el….

    Terbukti manjur, saya yang lemot abis kalo harus ngapal, akhirnya bisa menghapal dengan cepat.

    jarang-jarang bisa begitu* :P

    *salamkenal*

  7. April 17, 2009 5:26 pm

    jadi, mind map tu gimana??????

    • April 17, 2009 11:02 pm

      cara bikin mind map :
      siapkan kertas kosong tanpa garis dan beberapa pulpen berwarna. Buat sebuah gambar, ato kata di tengah kertas sebagai subjek utama (gagasan utama gitu lah). Terus buat beberapa garis tebal berlekuk-lekuk yang menyambung dari gambar/subjek utama di tengah tadi, masing-masing garis untuk setiap ide utama yang baru.
      Beri nama pada setiap ide diatas garis lekuk-lekuk tadi. Dari setiap ide yang ada, bisa dibuat lagi garis penghubung lainnya yang menyebar kaya cabang pohon.

      bingung?? lebih jelasnya coba baca buku mind map aja deh…ato tanya ke mbah google. :mrgreen: (saya juga masih belajar :grin: )

  8. April 20, 2009 8:24 am

    wah.. metodenya cocok buat bikin catatan biologi dan geografi (karna saya malas bikin catatan, sukanya gambar :D)

    thanks infonya ^^

  9. putri permalink
    April 26, 2009 11:52 am

    menurut lw semua kalo metode ini di terapin ama anak TK…manjur ga ya?

    • April 26, 2009 1:37 pm

      kalo kata saya seh cocok dan manjur-manjur aja. asal mudah dimengerti, banyak warnanya, dan banyak gambarnya juga…

      anak TK kan suka warna dan gambar! :grin:

  10. junarto permalink
    April 6, 2010 4:21 pm

    hai….
    pertama kali saya lihat mindmap saya juga jatuh cinta ma mindmap!
    bukan hanya mudah dipelajari tapi bentuk-bentuknya juga unik sehingga membuat otak kita lebih fresh!!!
    sekarang saya juga lagi mencari buku-buku tentang mindmap!
    sudah ada beberapa buku yang sudah saya beli!!!
    <<>>

  11. tegar permalink
    September 21, 2010 3:39 pm

    permisi numpang nanya,

    bisa gak ya metode mind mapping ini diterapkan sama perlajaran matematika, fisika, dan kimia?
    karena saya pikir metode ini cuma cocok buat pelajaran yang banyak hafalan. kalo bisa, mungkin ini bisa sangat membantu mengingat saya adalah pelajar SMA jurusan IPA yang mau tak mau belajar FiKiBiMa..

    terimakasih banyak! :D

  12. Anca permalink
    December 12, 2010 6:38 am

    Siip!
    Hayo.. efisienkan waktu dengan membuat mindmap

  13. January 25, 2011 6:23 am

    Saya baru tau tentang mind map dari teman saya. Untuk itulah saya sedang rajin mencari informasi tentang mind map…

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

