Skip to content

Compaq Presario C500 Kembali Normal!

February 15, 2009

Ahaaa…..setelah di oprek kesana kemari. Di install ulang beberapa kali, akhirnya laptop Compaq Presario C563TU punya saya kembali normal, sehat, en ga ngambek kaya kemaren2 lagi!

Hari pertama (14 Feb) : Laptop mulai ngambek en minta di install ulang. Tapi apa daya….cd instalan windows xp sp2 ga bisa booting. Padahal udah mengikuti cara-cara yang dianjurkan (baca postingan ini)

Hari kedua (15 Feb) : Saya masih berusaha gimana caranya bisa install ulang sekalian format ulang drive C nya. Sampe jam 4 an sore, saya masih belum bisa nemuin apa masalahnya. Sampe akhirnya Rezi sepupu saya dateng ke rumah minta bantuin pasangan printer barunya…

Hari Kedua, Allah ngasih jalan kemudahan buat saya….

Waktu bantu pasangin cartridge en mau mulai instal driver printer, ternyata komputer Rezi ga mau di instal. Setelah di cek, windowsnya masih SP0, padahal minimal harus SP1.

Diputuskan buat instal ulang pake cd instalan saya di rumah. Tp hasilnya apa kawan2?? komputer rezi ga mau booting, sama kasusnya waktu coba install laptop compaq saya. Akhirnya saya nemuin jawaban semua masalah instal ulang laptop saya dari sana!! Yuhhhhuuu…. Horeee (sambil lompat2!). Ternyata masalahnya adalah CD instalan yang bermasalah. Bukan laptop ato yang lainnya. Haghhh…akhirnya.

Abis magrib, berbekal cd instalan windows xp sp2 yang saya pinjem dari temennya rezi, saya coba install ulang laptop saya. Dan BERHASIL!!! Dan sekali lagi horeeeeee…! (sambil lompat! joget sana joget sini!hhee…)

Saya instal ulang pake cara ini :

  1. Masuk Menu BIOS (Tekan Esc ato tekan F10 – segera setelah tampilan COMPAQ muncul, untuk Notebook Compaq)
  2. Pilih menu System Configuration
  3. Pilih SATA NATIVE SUPPORT
  4. Ubah nilainya jadi Disable
  5. Save perubahannya, terus exit dari bios
  6. Klo berhasil, setalah restart lakukan instalasi windows xp sp2

Install windows udah kelar. Ada masalah lagi soal driver laptop compaq saya yang emang ga ada. Mulai lagi nyari sana sini di dunia maya drivernya. En dapet! (baru audio, modem, en Wireless LAN)

Untuk install audio, install dulu Microsoft Universal Audio Architecture (UAA) Bus Driver for High Definition Audio. Klo udah baru instal driver audionya (Conexant Audio Driver).

Ini link-link buat donlot driver2 nya :

  1. UAA
  2. Conexant Audio Driver
  3. Modem
  4. Wireless LAN

Sekarang lagi nyari driver VGA Intel Graphics Media Accelerator 950. Belum dapet….

Kesimpulan dari masalah Compaq Presario C500 saya : (jeng…jeng,,,jeng)

  1. Windows bermasalah gara2 saya sendiri, asal remove sembarangan
  2. Ga teliti! Ternyata cd instalan windows xp nya yg bermasalah
  3. Bego kali ya?hhee…

Sekarang tinggal komputer yang lagi nunggu sentuhan tukang servis!hufff…….

Hari yang bikin cape ternyata, seharian dikamer mulu ngoprekin laptop en komputer. Tapi saya banyak dapet ilmu dari sini. Walopun pasti bulan nie bayar speedy jadi mahal…

Catetan : klo link-link donlot diatas ga sesuai ato bermasalah, mohon maaf ye!hhee…. Mungkin selanjutnya tanya ma mbah google aja..

Ok…mau tidur dulu bentar. Jam 02.30 mudah-mudahan bangun, mau nonton Milan.

22 Comments leave one →
  1. faisal permalink
    February 17, 2009 7:38 am

    milan kalahh………

  2. leebizniz permalink
    February 22, 2009 7:57 am

    Driver VGA na dah dapet blm? cari aja di website HP pasti ketemu..tinggal cari sesuai seri laptopna..moga membantu

  3. mrdarso permalink*
    February 22, 2009 8:10 am

    Driver vga udah dapet, tp ga tau tu bener apa ga. Saya dapet dari websitenya intel. Nyarinya berdasarkan chipset compaq saya apa. Dapetnya VGA Intel Graphics Media Accelerator 950 for mobile. Saya donlot terus di install ternyata bisa. Tapi takut salah walopun laptop masih normal2 aja…

    Bener ga ya? berharap seh bener!hee…

  4. jipajip permalink
    February 24, 2009 11:57 pm

    teman saya pernah install ulang laptop compaq-nya
    driver udah di install semua, pas di konek ke internet pake wifi gak bisa
    padahal udah ada tulisannya connected
    kalo punya mas kok bisa normal ya?

    • February 26, 2009 12:22 pm

      sayangnya saya belum coba konek pake wifi. dirumah belum pake wifi. dan “kota” saya termasuk masih “ndeso”!hhee…
      yang pasti driver udah sukses terinstall….
      makasih udah di ingetin, back to track, ntar saya coba…

  5. getfeshman permalink
    April 18, 2009 4:43 am

    mas baru kemarin saya install ulang compaq pre c500 seri 502us, masalahnya kok semua driver sudah terinstall tapi sound devicenya eror kagak mao keluar suara.kira2 apa ya masalahnya?tolong plzz tq

    • April 19, 2009 1:08 pm

      coba install Microsoft Universal Audio Architecture (UAA) Bus Driver for High Definition Audio nya dulu.
      kalo udah, baru install Conexant Audio Drivernya.

      link UAA diatas siapa tau cocok ma seri c500 punya mas (kayanya seh cocok mas, coba dulu aja😀 )
      semoga sehat lagi ya compaq nya….🙂

  6. cris setiano permalink
    May 31, 2009 7:21 am

    mas n mbak -mbak comp q kan build up terus comp q tak instal ulang tpi kog gk keluar soundnya ??????? padahal 1 bulan yang lalu aku instal ulang n keluar suarnya ………………………………………..

    • June 1, 2009 4:41 am

      coba cek driver soundnya, install lagi.
      atau jangan-jangan sound cardnya kena? nyerah deh kalo dah gini…:mrgreen:

  7. JOERIZARD permalink
    July 9, 2009 12:26 pm

    He,,, barusan saya baca blog ini ternyata membantu untuk service laptop saya COMPAQ Presario C500. semua sudah saya download, tinggal apa ya yang kurang, kayaknya belum dhe. Btw thank’s ya

  8. July 14, 2009 8:20 am

    thank’s y atas infonya semoga sukses selalu

  9. comenx permalink
    August 8, 2009 3:49 pm

    makasi bro informasinya……

  10. November 10, 2009 9:26 pm

    Wah ternyata pemakai Compaq juga, jarang2 nemu di dunia perblogeran😀

    Saya make CQ-40 337TU, jeroannya saya pasang Linux Mint.

    Salam kenal bro

  11. dick grey permalink
    December 21, 2009 7:04 pm

    bisa di post kan link VGA bt compaq C500…?thanks…………..

  12. zhkieto permalink
    February 24, 2010 11:15 pm

    mas mao nanya nih knp ko stiap saya mau install ulang windows di copaq pre500 saya hard disknya gak bs baca cd windowsnya, padahal udh saya coba dari pack 1 sampe pack 3,, knp dgn hard disknya??
    tlong solusinya ya,, thank’s…

    • romi permalink
      June 5, 2011 9:23 pm

      mungkin CDromnya bermasalah, coba periksa itu..

  13. zhar permalink
    June 5, 2010 11:10 am

    mas, kenapa kalo pake xp wifinya ga kebaca sama sekali? pernah alamin? saya udah install semua driver untuk c500 tapi tetep ga bisa..lampu indikatornya juga gamau nyala.
    tapi kalo pake win7 lumayan ke-detect tapi microsoft miniportnya ga bisa di-enable..

    mohon pencerahan dan sharingnya..

    terima kasih

  14. September 19, 2010 9:34 pm

    mas saya minta soft driver vga presario c500 nya ya…tolong di kirim ke FB ekasabun atau e-mail ekauny2003@yahoo.co.id..
    makasih…

  15. dwipaa permalink
    October 19, 2010 2:21 pm

    presario sialan ….
    skalinya rusak lngsng MATOT !!!!!!!!

    aseeeeeeemmmmmmmmmmmmmmm

  16. February 28, 2011 3:49 am

    Bantu bgt infonya…

    Makasih Gan………!!

  17. InzaghI permalink
    March 8, 2011 8:03 pm

    thanks ats infonya….sgt membantu sob

  18. ariston permalink
    March 29, 2011 2:22 am

    thank’s atas infonya, sangat membantu…

Leave a Reply

