Skip to content

Komputer Sukses Error Lagi Dengan Terhormat!

February 26, 2009

Awalnya adalah kemaren….

Saya masih cape, dateng jam 6 sore dari Subang, sambil bawa oleh-oleh ikan lele! Sholat magrib, dan pikiran saya langsung ke komputer. Saya pengen nyalain komputer, maklum komputer udah sembuh mau saya tes lagi. Dan kebetulan saya baru beli mouse. Saya langsung coba aja sekalian tu mouse di kompi.

Terpasanglah si mouse PS-2 dengan manis walopun si mouse sangat-sangat sederhana (dihargain 30 rebu!). Hari gini masih pake PS-2?! USB port kompi saya dah eror! haghhhh…. Tanpa pikir panjang, langsung deh kompi saya nyalain. Hasilnya….kompi sukses ga masuk ke environment windows! Cuma loading dan setelah loading hasilnya bleng ga ada gambarnya, cuma abu-abu doang! KENAPA LAGI INI…..

Di restart lah si kompi, siapa tau nanti jadi bener kaya semula. Tapi hasilnya nihil, sama aja. Saya jadi mikir, jangan2 ini gara-gara mouse yang baru dipasang? tapi masa seh mouse baru malah langsung bermasalah? Saya coba copot tu mouse, terus saya coba restart lagi. Hasilnya ternyata BISA! Langsung saya mikir, bener ternyata mousenya.

Tapi pikiran itu langsung ilang, waktu saya coba restart lagi si kompi. Hasilnya?? Asem tenan. Komputer saya kembali error dengan tampilan di monitor yang bikin saya kesel abis! Padahal saya ga pasang mousenya. Tampilan di monitor gede-gede, alias besar. Padahal saya ga setting dan ga ngutak-atik tombol di monitor yang gunanya buat setting tampilan di monitor (mulai dari color, size, position, dsb).

Ah…kampret!

Saya restart lagi, dengan harapan komputer bisa normal lagi. Tapi ternyata malah tambah error. Sekarang selaen tampilannya yang besar, warna tampilan di monitor juga malah ga jelas! Haghh…..INI KENAPA LAGI! Padahal saya ga ngutak-atik setting color dan cs nya!

Saya restart lagi, eh…malah ERROR TOTAL! Udah muncul garis-garis dan kotak-kotak di tampilan monitornya. Hasilnya tampilan udah bener-bener ga jelas! Lagi-lagi saya bilang, SIAL, kampret!haghhh….

Saya mikirnya ini jangan-jangan masalahnya ada di VGA. Waktu komputer sembuh kemaren, kata sang teknisi, masalah ada di motherboard. Terus jadilah ganti motherboard. Saya mikir, apa VGA saya ga support ma motherboard sekarang ya!? Motherboard saya yang dulu MSI, terus VGA nya NVIDIA (Asus). Sekarang ga tau motherboardnya apa, saya lupa. VGA masih tetep. Dan kayanya VGA ma motherboard sekarang ga cocok!

Karena saya kemaren masih cape banget pulang dari Subang, saya males ngutak-atik lagi. Tadinya mau saya buka cashing simbadanya, dan cek VGA nya. Tapi males banget, CAPE! Tadinya mau siang tadi saya coba cek, tapi ternyata pulang dari sekolah baru jam 4. Alhasil dan walhasil, malesnya kumat lagi. Yo wes saya minta tolong ma sang teknisi kemaren aja, mumpung masih garansi.

Sore jam 5 an, sang teknisi pun dateng kerumah. Saya menjelaskan masalahnya sejelasa dan sepanjang mungkin! Gantian, waktu dulu sang teknisi yang ngejelasin masalah motherboard panjang banget. Sekarang giliran saya!heee… Setelah diutak-atik ma sang teknisi, akhirnya si CPU harus dibawa lagi kerumahnya. Katanya mau dicek lebih lanjut. Dan dia bilang sebelum pulang…

Sang teknisi : “Klo setelah isya udah kelar, nanti saya kesini lagi…”

Saya : OK mas..Saya tunggu.

Sampe sekarang filing saya masalah ada di VGA yang ga support ma motherboardnya. Ato ada yang tau masalah yang lagi di hadepin ma kompi saya? Klo ada yang tau, minta solusi dan sarannya ya…

Update : sang teknisi udah dateng kerumah. N lagi ngecek n nyoba hasil perbaikannya…. Dan saya masih menunggu hasil! Wis mi lak….


2 Comments leave one →
  1. Iam permalink
    October 27, 2009 2:41 pm

    Gua mo nanya bagi sapa yang tau….
    kenapa ya kompi gua ketika di nyalakan kadang ada tampilan kadang ga ada, kalo pun ada tampilan hanya bisa bertahan 10-15 menit abes tuch monitor tampilannya garis2 gitu seperti garis2 memori, tu kenapa ya?
    tolong dunk!!!
    gua bingung nich…
    bagi yang tau tolong ya balasnya ke @-mail gua ja….
    sekali lagi thanks.

  2. alsani permalink
    November 6, 2009 5:00 pm

    kang irfan, salam kenal.
    ada info-info bagus tentang komputer di
    http://komputerblog.com/
    cuma penulis-penulisnya pada sibuk ama job training dan Tugas Akhir.
    Tapi halaman Konsultasi nya masih rame. beruntung kang Mahadji masih mau ngurus komputerblog, hehe😀

Leave a Reply

