Skip to content

Akta 4 Hari Ini…

March 15, 2009
Sabtu I

Sabtu I

Sebagai mahasiswa yang disiplin dan tepat waktu (tsahhh….), saya berusaha dateng tepat waktu sesuai jadwal, jam 8 teng. Tapia pa yang didapet di kampus pas dateng??? Kampus sepia banget, kaya bukan kampus! Ruang pengajaran, TU, ruang dosen, belum ada yang buka satu pun. Mahasiswa pun masih bisa diitung ma jari bayi! Akhirnya kuliah akta 4 hari ini dimulai jam9 (ga pake teng!). Awalnya seh rada bete karena mesti nunggu 1 jam an lebih. Tapi semuanya keobati ma cara ngajar dosen, sebut aja dengan sebutan Pak Haji. Pak Haji bener-bener ngajar, beda ma dosen yang ngajar hari rabu kemaren. Hari rabu kemaren, dosen ngajar ibarat hidup segan mati ga mau!halah…

Pak Haji ngajar mata kuliah Strategi Belajar Mengajar. Ok, beliau mengaku belum masuk banget ke pokok materi. Tapi liat cara ngajarnya tadi dengan kasus-kasus yang menarik, saya cukup suka malah suka ga pake cukup!hhee… Ada beberapa poin yang saya ambil yang “menggelitik” perut saya, eh sori sori, maksudnya menggelitik pikiran saya. Diantaranya :

Pak Haji bilang kira-kira begini :

Beberapa olimpiade atau malah hampir semua olimpiade tingkat internasional yang diikuti Indonesia, baik bidang Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, Astronomi, dan lain sebagainya, tim dari Indonesia selalu dapet medali. Bahkan diantaranya dapet juara umum! Indonesia sudah diakui ma Negara lain dalam hal ini. Tapi dalam hal pendidikan, Indonesia masih dianggap memiliki pendidikan yang buruk atau bahkan terendah dibanding negara-negara lainnya. Dibandingkan dengan negara-negara Asean aja, Indonesia masih jauh dibawah dari Malaysia. Padahal dulunya Malaysia belajar dari pendidikan di Indonesia…

Kenapa hal ini bisa kaya gini???
Pak Haji lalu ngejelasin soal IPM alias Indeks Pembangunan Manusia di Indonesia. IPM terdiri dari pendidikan, kesehatan, dan daya beli. Bicara pendidikan, berarti bicara soal kuantitatif dan kualitatif. Baik dari kuantitatif dan kualitatif, pendidikan di Indonesia masih rendah banget. Masih banyak peserta didik yang ga nuntasin wajib belajar 9 tahunnya. Mutu pendidikan pun masih kalah jauh dibanding negara-negara lainnya. Hal lain yang menggelitik perut dan pikiran saya, Pak Haji bilang kira-kira begini :

Sekarang, penghargaan terhadap profesionalitas guru dari pemerintah udah sangat bagus,misalnya dengan adanya program sertifikasi guru. Tapi yang disayangkan, penghargaan dari masyarakat terhadap guru masih jauh dan rendah sekali.

Kenapa penghargaan dari masyarakat terhadap guru masih rendah?? Kenapa bisa gini??
Pak Haji pun mulai cuap-cuap di depan kelas dengan argument dan contoh kasus yang cukup menarik. Saya simpulin aja deh.

Guru Praktek??

Guru Praktek??

Di lingkungan masyarakat sering ditemuin papan-papan pengumuman yang bertuliskan “dr. FITO, BUKA PRAKTEK DARI HARI SENIN-JUMAT, PUKUL 10.00 – 20.00 WIB”. Atau ada juga yang bertuliskan “BIDAN HANI, BUKA PRAKTEK DARI HARI SENIN-RABU, PUKUL 10.00-19.00 WIB”. Masyarakat pun dateng sesuai jadwal, bahkan membayar dengan tarif yang lebih dari cukup. Ini berarti penghargaan masyarakat terhadap ke-profesional-an bidan ato dokter ADA. Tapi apa ada papan pengumuman yang tulisannya “GURU IRFAN, BUKA KURSUS DARI JAM 09.00-20.00”???? Kayanya GA ADA. Ok, mungkin ada, tapi bisa diitung ma jari bayi! Jangankan buka kursus kaya gitu yang bayar, kursus gratis pun masih jarang yang mau ikut, apalagi di daereh pedesaan. Ini nunjukin penghargaan masyarakat terhadap guru masih kurang.
Terus saya mikir, ato emang guru udah jadi PAHLAWAN TANPA TANDA JASA jadi keadaannya harus gini??

Saya, Muhamad Irfan Afandi dan Compaq Presario C500 melaporkan opini dari pojok kamar..
Selamat Hari Sabtu, Selamat Weekend, dan Tetep semangat, Hidup Guru Indonesia!!

Postingan ini ditulis : Sabtu, beberapa jam sepulang dari kuliah akta 4…. Dan di posting ke blog hari ini, jam segini, pokoknya segini!hhee…

15 Comments leave one →
  1. March 16, 2009 2:28 am

    Tetep smangat!
    Hidup Guru Indonesia!

    *saya belum pede jadi guru euy, padahal uda angamil akta 4 segala… fufufu…*

    • March 16, 2009 4:44 am

      yep, tetep semangat (sambil mengepalkan tangan dan kain yang diikat di dahi dengan tulisan “Hidup Guru Indonesia”…)😀

  2. yelo permalink
    July 5, 2009 7:45 am

    minta info akta IV di UIN Jakarta donk beserta pembayrannya ya thanks…

  3. chitra permalink
    July 23, 2009 3:55 am

    iya pak, nanya kuliah akta IV nya donk.
    sebenernya aku gak PD banget jadi guru. secara dari keilmuan merasa kurang. tapi yang banyak job yah di pendidikan.

    minta info yah pak.
    thx u🙂

  4. Alichia Johar permalink
    November 3, 2009 1:53 pm

    Pak…mohon infonya Universitas mana ya yang masih buka Program Pendidikan Akta IV untuk tahun 2010/2011? Mohon infonya ya pak…Terima Kasih sebelumnya

  5. Rusdiawati permalink
    November 12, 2009 1:12 pm

    Pak…mohon infonya Universitas mana ya yang masih buka Program Pendidikan Akta IV untuk tahun 2010/2011? Mohon infonya ya pak…Terima Kasih sebelumnya. sekalian perkiraan biaya dan lamanya kuliah.

    Terima kasih sebelumnya..

    • November 13, 2009 8:12 pm

      Saya dulu ambil akta 4 di STKIP Subang, lama kuliah : 6 bulan. Gak tau sekarang masih buka gak untuk akta 4. Dan denger-denger di Unisba Bandung juga buka lagi untuk akta 4…

      *soal rincian pembayaran, saya gak begitu tau…😀

  6. ilham permalink
    November 15, 2009 9:52 am

    sayang ya untuk cpns-an kabupaten tahun 2009 ini akta 4 sudah jarang dibutuhkan, syaratnya harus bener-bener sarjana pendidikan, ke depannya mau gimana nich?

  7. kae permalink
    January 19, 2010 1:43 pm

    ass..
    blh tau ttg akta 4 di uin(+biaya smestrannya)?sy s1 d unpad.tq

  8. helen permalink
    February 23, 2010 8:20 pm

    akta 4 yg ada di bandung dimanaya?dan kpn mulai pendaftaran?ada gakya jadual kuliahnya sabtu minggu?mohomn penjelasanya.makasih

  9. Dini permalink
    April 23, 2010 6:43 pm

    STKIP SUBANG bekerja sama dengan Politeknik TEDC Bandung mengadakan kuliah AKTA IV di kampus Politeknik TEDC Bandung yang terletak di jl. Pesantren Km.2 Cimahi

    Kuliahnya setiap Sabtu sore dan Minggu dari pagi sampai selesai
    untuk lebih jelasnya silahkan hubungi no telp 022-6645951

    tengkyu…

  10. nunuy permalink
    May 7, 2010 2:09 am

    om irfan,,skula akta-4 dimana ciii,
    teruz berapa lama ngambil program itu,serU gaa?
    biayanya brpa,hheee

  11. May 31, 2010 11:50 am

    hedooop iRfaan..!
    hedoop guru,,..

    *laporan opini dtrima,kemabli ke pojokan fan!:mrgreen:

  12. finny permalink
    June 7, 2010 2:23 pm

    mohon infonya Universitas mana ya yang masih buka Program Pendidikan Akta IV untuk tahun 2010/2011 didaerah cibubur/depok/jaktim? Mohon infonya ya…Terima Kasih sebelumnya. sekalian perkiraan biaya dan lamanya kuliah.

    Terima kasih sebelumnya..

  13. oteps permalink
    February 18, 2011 11:41 pm

    hidup guru……. tetap qt pertahankan semangat 45 maju tak gentar…… bay the way hari ini akta IV yang di Unisba sudah dibuka belum? kira2 berapa biayanya? jadwal kuliahnya hari apa saja?
    Mohon informasinya dari semuanya ya……………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: