Skip to content

Kenapa Bisa Gitu Ya?

March 24, 2009

Pertanyaan itu muncul waktu saya dapet tugas ngawas ujian nasional kompetensi tulis jurusan di sekolah, di SMK. Sebenernya yang harusnya ngawas itu bukan saya, karena saya bukan guru produktif dan ga ngajar anak kelas 12. Tapi mungkin satu dan laen hal, dan mungkin juga saya lagi disiapkan buat jadi guru produktif (hhee…🙂 senyum kuda), akhirnya saya disuruh ngawas.

Saya ngawas di jurusan RPL. Yuhuu….jadi bisa sekalian liat soal ujian kompetensi tulis jurusan RPL kaya apa. Tapi anehnya….hampir satu ruangan itu, semua yang ikut ujian bilang SUSAH, banyak yang belum dipelajari!”. Saya cuma bisa komentar dalem hati, haghh….arghhh…..kenapa bisa gitu???? Deretan tanda tanya muncul berjejer di pikiran saya. Ga keitung!hhe…(lebay..:mrgreen: )

Saya jadi ngenes sendiri. Saya tau karena saya pernah jadi siswa SMA, yang ketar ketir klo dah ujian nasional kaya gini. Apalagi ini buat syarat kelulusan. So…muncul pertanyaan di pikiran saya, “Kalo gini, mereka bisa lulus ga ya….!??”.

Satu jam lewat, satu jam setengah lewat, saya keliling liat lembar jawaban anak-anak. Hasilnya….rata-rata baru 10 an lebih soal yang baru dijawab. Sisanya??? Saya ga tau. Saya ga tau apa yang ada di pikiran mereka saat itu. Dengan soal yang buat mereka susah dan belum dipelajari. Dengan kekhawatiran kalo-kalo tidak lulus ujian hari ini.

Sekedar keluhan saya sebagai orang yang pernah duduk di sekolah SMA, orang yang pernah ikut UAN, dan orang yang pernah ga lulus waktu tryout UAN di SMA, saya masih ragu apakah UAN masih pantes buat dijadikan acuan dan syarat kelulusan. Gimana ga ragu, kelulusan cuma ditentukan oleh beberapa hari ujian, dengan syarat nilai kelulusan yang udah ditentukan, tinggi pula syaratnya. 3 tahun belajar hanya harus ditentukan ma ujian beberapa hari??? Haghh….

Saya masih awam dalam dunia pendidikan, masih bau kencur dalam dunia keguruan, masih ga ada apa-apanya dalam pengalaman ngajar. Tapi kalo ngeliat anak-anak RPL yang ujian tulis kompetensi tadi, saya jadi nanya, sebenernya INI SALAH SIAPA?? Kenapa bisa gini??? Dalam hati kecil, kasihan mereka….

Dalam hati cuma berdo’a, mudah-mudahan kalian lulus…. Dan bisa membahagiakan orangtua dengan kelulusan kalian… Amin.

Selamat hari rabu. Selamat bagi yang sudah menempuh ujian (ujian apa aja deh..). Selamat bagi mereka yang udah dan belum ngelewatin ujian itu. Tetep senyum dengan penuh keyakinan… Semangat! (sambil mengepalkan tangan ke atas!heee…😀 )

2 Comments leave one →
  1. March 25, 2009 3:51 am

    Diknas gak punya standard kali ya mas?🙂

    • March 26, 2009 8:17 am

      bisa juga gitu mba, ga punya standar.
      yang ada tiap ganti menteri pendidikan, kurikulum juga ikut ganti, kebijakan ikut ganti, syarat nilai kelulusan UN juga ikut naek…

      tanya kenapa❓❓

Leave a Reply

