Skip to content

Belajar Menjadi Manusia Pembelajar

April 6, 2009
Pembelajar

Pembelajar

Beberapa hari ini saya inget ma kalimat “Manusia Pembelajar”. Dan saya ga tau arti sebenernya tentang kalimat Manusia Pembelajar.

Buat saya… Manusia pembelajar berarti belajar dari hari ke hari untuk menjadi lebih baik. Belajar segala tentang yang ada pada dirinya. Belajar untuk ga jadi sesuatu yang bukan dirinya. Belajar segala tentang sekitarnya. Belajar dari apa yang udah dilakukan dan dihasilkan dirinya. Dan belajar dari apapun yang bisa membuat dirinya menjadi manusia pembelajar.

Saya merasa kecil, kecil sekali malah, dan ga ada apa-apanya. Klo mau diibaratkan, ilmu yang saya punya belum ada satu helai rambut pun dari sekiannn banyak rambut yang tumbuh di kulit kepala. Ilmu yang diamalkan pun belum nyampe jadi segelas air buat ngisi bak mandi sekalipun. Saya tau masih belum bisa dan jauh dikatakan sebagai manusia pembelajar. Dan saya pengen belajar menjadi manusia pembelajar.

Belajar dari kesalahan, kekhilafan, dan dosa yang udah saya bikin. Belajar dari komitmen “Berubah” yang udah saya bikin sendiri, tapi mandeg dan hilang entah kemana di tengah jalan. Belajar dari penyesalan yang selalu datang dibelakang. Belajar dari ibu yang dengan sabar, ikhlas mengurus rumah tangga dan anak-anaknya. Belajar dari bapak yang dengan semangat dan totalitasnya di tujukkan buat dunia pendidikan. Belajar dari kakak yang dengan sabar, ikhlas, dan tawakal yang dikarunia buah hati-buah hati lucu titipan Allah yang sampe sekarang masih belum bisa “sama” dengan usia anak kebanyakan.

Belajar dari orang diluar sana, yang kenal ato ga dikenal, yang udah berkarya luar biasa walopun hanya sebuah karya kecil. Belajar dari temen-temen seangkatan kuliah yang masih dengan ikhlas dan sabar menunggu jawaban dari proses lamaran pekerjaan. Belajar dari Pak Nanang yang dengan penuh tanggung jawab mengurus segala keamanan di sekolah waktu jam belajar mengajar dimulai. Belajar dari Asman yang dengan ikhlas dan penuh senyum setiap di minta tolong saya, staf Tu, dan guru-guru di sekolah.

Belajar dari para siswa di sekolah yang dengan tiap harinya berangkat dengan senyuman, niat, dan tekad untuk mendapatkan ilmu buat dirinya. Belajar dari alam yang udah memberikan peringatan dan pelajaran untuk terus bersyukur dan selalu mengingat-Nya. Belajar dari quote orang-orang yang luar biasa.

Muhammad SAW lewat sabdanya :

Sebaik-baik manusia adalah orang yang bisa memberikan manfaat.

Acara Kick Andi kemaren malem tentang “Tubuh Mini Prestasi Maxi” :

Walopun dengan tubuh yang pendek, suatu saat nanti saya harus bisa lebih hebat dari mereka (orang normal).

Mario Teguh di Golden Ways :

Ikhlaskan diri anda untuk meniru cara-cara orang yang berhasil, lalu lihatlah apa yang terjadi.

Tokoh Riani di novel 5 cm :

Apa yang lo mau, lo kejar aja,…. Taruh di kepala lo terus, jangan sampe lepas.

Uzumaki Naruto :

I will not take back my words…. That is my way of the ninja!

Dan belajar dari apa saja yang bisa menjadikan saya lebih baik sebagai proses menjadi manusia pembelajar….

Dan buat saya, belajar menjadi manusia pembelajar ga mengenal tempat, waktu, dengan apa dan siapa saja. Karena jika anda merasa pintar maka anda akan berhenti pada jalan pengetahuan anda. Dan karena hakikatnya belajar dimulai dari manusia bernafas sampe nafas itu hilang dari raga.

Semoga tulisan ini menjadi awal, mengingatkan, dan memberi semangat buat saya untuk terus berusaha menjadi manusia pembelajar. Semoga….

Seorang ulama mengatakan :

Tak kudapatkan cela yang paling besar dalam diri seseorang selain kemampuan untuk sempurna tapi dia tidak mau berjuang meraihnya.

Selamat hari senin. Selamat belajar menjadi manusia pembelajar buat siapa aja yang mau menjadikan dirinya sebagai manusia pembelajar.

Sumber gambar : http://fuadhanif.wordpress.com/2008/02/15/pilar-pilar-manusia-pembelajar/

17 Comments leave one →
  1. Itmam permalink
    April 6, 2009 2:30 am

    belajar memang tiada habisnya, sampai ke liang lahat kita mencari ilmu, hanya sedikit yang kita peroleh dari pengetahuan yang Tuhan miliki. Semangat ^_^

  2. April 6, 2009 2:43 am

    ayu semangat menuntut ilmu, ilmu akan menjaga dirikita, ilmu sebagai penerang hati, ilmu tak akan pernah habis mesti di bagi2,, ilmunya dibagi2 terus ya mas.. mari makin giat belajarr terusss…..

  3. April 6, 2009 4:41 am

    jangan lelah untuk selalu belajar. karena belajar juga bagian dari ibadah🙂

  4. April 6, 2009 6:50 am

    Belajar memperbaiki diri

    salam,
    Genta😀😀😀

  5. April 6, 2009 11:49 am

    sampe-2 ada pepatah: “tuntutlah ilmu sampe ke negeri cina”
    hehe….Belajar terus…pantang mundur.🙂

  6. April 6, 2009 12:15 pm

    belajar.. belajar… mumpung saya lagi UTS, jadi saya kebetulan lagi giat2nya belajar nih. hueheheh…

  7. April 6, 2009 1:52 pm

    hem..
    yayaya..
    keren..
    tpi kalo saya, “belajar jadi manusia”
    karna yg saya tahu, manusia itu harus tunduk dan patuh sm yang di atas.
    dan saya susah menjalni nya.
    susah juga ya jadi manusia?
    (nyambung gak sih, gue?)

    • April 7, 2009 7:46 am

      susah jadi manusia?? hmmm…bisa iya bisa juga ga seh!hhhee…
      klo kata rosa “belajar jadi manusia”, ada juga yang bilang “memanusiakan manusia”. nah lho apa lagi tuh!😀

  8. April 6, 2009 3:07 pm

    belajar,
    yah belajar. sebab hidup itu adalah belajar. tak ada orang yang tahu hidup.
    makasih dah diingatkan…!!!

  9. April 6, 2009 6:06 pm

    Hhhmmm..Gud gud gud kawan….

    Semangat itu telah kamu temukan, menjadi manusia pembelajar adalah sepanjang kehidupan, seperti makna asli perkembangan itu sendiri…

    Saya suka ucapan dari Mbak Riani…..

  10. April 7, 2009 5:47 am

    “belajar itu tidak susah”

    Salam kenal Kenanga

  11. April 7, 2009 6:10 am

    Aku pun masih merasa kecil sekali mas dibandingkan orang lain, tapi aku gak mau kekecilanku ini membatasiku untuk berbagi

    Salam kenal dan mampir ya!

  12. April 7, 2009 8:13 am

    wahhhhhhh semangat yahhhhh… seneng baca postingane buat aku lebih semanagttttttttttt

  13. April 8, 2009 6:08 am

    iyah…
    bener banget si irpan…

    semangat!!!

    memang kita harus belajar dan mengambil pelajaran dari apa saja yang terjadi dalam hidup kita dan dalam hidup orang lain…

  14. April 8, 2009 9:01 am

    belajar terusss dan teruslah berbagi… ilmu yg dibagi2 ga bakalan pernah habis kek duit, malah semakin dibagi semakin bny, yakin deh hehe…
    ilmu kn selalu menjaga n mjd penerang di hati ^_^

  15. April 8, 2009 2:28 pm

    sukses bro..

  16. meditation1234 permalink
    April 15, 2009 10:23 am

    sip,, artikel yang bagus pak… n_n

Leave a Reply

