Skip to content

The Jak – Viking

April 26, 2009

Saya kepikiran pengen nulis ini waktu saya baca koran Pikiran Rakyat kemaren-kemaren. Dan akhirnya sekarang nulis juga!hhhee… Di halaman koran yang nampilin film-film yang tayang di Blitz Megaplex, mata saya ngelirik film Indonesia yang baru premiere. Judulnya “Romeo Juliet”.

Saya ga mau ngebahas tentang filmnya, emang saya belum nonton!😀 . Pertama ngeliat poster filmnya, saya ga baca judulnya, tapi saya fokus ma stadion dan warna kaos oranye – biru yang lagi deketan, pegang pundak, dan pegang pinggang.

The Jak - Viking Damai?

The Jak - Viking Damai?

Di liat lagi (tulisan di koran kecil banget), mata saya deketin ke gambar. Dan hagh…. Kaos oranye tulisannya “Jakmania 12” dan kaos yang biru tulisannya “Persib Never Die”. Arghh…..pikiran saya langsung ke The Jakmania (supporter Persija) ma Viking (supporter Persib).

Arghh…..mimpi apa saya semalem. The Jak dan Viking akhirnya damai, berpelukan! Saya langsung sadar, yang saya liat tu poster film. Tapi pikiran saya melayang ke perseteruan kedua supporter yang ga ada habisnya. Supporter mana pun ato yang seneng ma Liga Indonesia pasti tau, The Jakmania ma Viking ga pernah akur. Kasarnya adalah MUSUH BEBUYUTAN!

Ga di dalam stadion, di luar stadion pun mereka musuhan. Dari nyanyian-nyanyian supporter kalo di stadion, yang saling ejek satu sama lain. Viking mengejek The Jak, dan The Jakmania pun mengejek Viking. Nyanyian-nyanyian ejekan yang unik pun sering terdengar di stadion. Atau kaos-kaos yang bertuliskan ejekan antara The Jak – Viking pun banyak ditemukan, dan dipake di tempat umum. Ada istilah gini :

“Pake kaos biru identitas Persib ke Jakarta, sama aja nganterin nyawa”.

“Pake kaos oranye identitas Persija ke Bandung, sama aja bunuh diri!”.

Saya bukan orang Jakarta, bukan juga orang Bandung asli. Tapi saya orang Jawa Barat yang suka maen ke Bandung (ga penting!:mrgreen: ). Saya bukan anggota Viking (ga punya kartu anggotanya), tapi saya suka banget ma Persib, Persib nu aing pokona mah. Saya ga benci ma The Jakmania, tapi saya pernah “saling ledek-ledekan, tapi ga nyampe berantem dan musuhan” ma Topek (temen satu kost saya di Jogja) yang seorang The Jak. Saya suka sepakbola Indonesia dan supporternya yang atraktif, tapi ga suka ma anarkisme.

Dari gambar ini, saya langsung nanya dan mimpi. Bisa ga ya The Jakmania ma Viking bergandengan tangan, damai, dan ga lagi musuhan? Mimpi? Hmmmm….🙄 jujur kalo buat saya, Viking ma The Jak akan susah banget buat damai, gandengan tangan, salaman, apalagi pelukan kaya di gambar poster film ini. Tapi bisa ga kalo mereka berdamai? Saya jawab bisa, karena ga ada yang ga bisa di dunia ini. Tergantung dari The Jak dan Viking sendiri.

Supporter, Mari Damai!!

Supporter, Mari Damai!!

Ah….kapan ya supporter Indonesia bisa dewasa. Ngerayain kemenangan dengan batas yang wajar, dan nerima kekalahan dengan sikap ksatria. Bisa saling berteman dan saling gandengan tangan. Di liga dan pertandingan, kita boleh “bermusuhan” buat ngedukung tim masing-masing. Tapi di luar, harusnya saling berpelukan. Saya jadi inget Topek di Jogja, ledek-ledekan, ngebanggain tim favorit kita masing-masing. Tapi setelah itu, ketawa lagi, maen futsal bareng lagi. Kita berteman baik! Ah…jadi kangen juga ma Jogja, kos-kosan dulu, dan futsal tentunya!

Selamat hari sabtu. Buat saya , kalah menang tetap satu komitmen : Persib nu aing! Salam Peace buat semua supporter Indonesia beserta jajaran pasukannya. HIDUP SUPPORTER INDONESIA!!

Sumber gambar : Pencarian gambar “film romeo juliet indonesia” di google.

64 Comments leave one →
  1. f_jar patrriot mania permalink
    March 14, 2010 2:24 pm

    orang bekasi pasti dukung persipasi

  2. pemain bola permalink
    March 25, 2010 6:50 am

    Indonesia….
    mau the jack atau viking….kampungan…(khusus yang gak mau damai)
    gw suka persib (pokoknya nu aing)
    persija juga bagus mainnya…..
    tapi yang jelek suporternya…sok jago, sok kuat, sok menang pokoknya sok segala2nya….kalian tuh gak ada apa2 nya di mata tuhan..mang belain team kalian bisa buat kalian makan dan menafkahi keluarga…
    hobyy sama satu klub jangan lebay lahhh…biasa aja kalo menang team kalian yah seneng kalo kalah yah sedih…udah gytu gak usah rusuh…
    sepak bola kita juga biasa2 aja…masih terus belajar dan berkembang…
    kita masih jadi bahan pembantaian sama asia barat dan timur…
    mari kita dukung sepak bola kita untuk terus belajar….
    tujuan kita stadion gak perlu pagar….biar enak nontonya bisa deket…makanya gak usah kampungan masuk stadion atau lempar aqua….

  3. RIVANI.YNS permalink
    March 27, 2010 12:35 pm

    THE JAK TIDAK PERNAH KALAH DALAM MENGHADAPI MASALAH APAPUN KITA ANAK2 THE JAK TIDAK PERNAH MENYERAH WALAUPUN VIKING MENG HINA KITA . PARA ANAK2 THE JAK JANGAN PANTANG MUNDUR KITA HARUS MAJU TERUS AGAR VIKING TIDAK SEMENAH2 TERHADAP KITA? I LOVE YOU THE JAK UNTUK SEKARANG DAN UNTUK SELAMANYA? MAJU TERUS THE JAK. “GOOD THE JAK”

  4. noname permalink
    June 8, 2010 1:22 pm

    saya jackmania dan suka dengan tulisan mas irfan muhammad. semoga semakin banyak orang indonesia yang punya pemikiran seperti ini sehingga sepak bola kita makin maju. tidak baik saling menyalahkan dan merendahkan apalagi kita masih satu bangsa. thx

  5. December 3, 2010 5:53 pm

    the jak dan viking harus bersatu gw pengen suporter indonesia bersatu semua bersatu
    BROVO SEPAK BOLA INDONESIA
    ^3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: