Skip to content

Mind Map Pertama

April 30, 2009

Udah baca postingan saya yang INI? Kalo belum, baca dulu ya…!?:mrgreen:

Setelah baca buku tentang mind map, cari informasi sana sini ke google, dan hasil ngelamun sambil mikir, akhirnya mind pertama bisa langsung saya buat dan praktekan!

Awalnya sempet sedikit nyerah juga pas di kelas yang pertama. Waktu saya coba buat ide-ide materi lewat mind map di white board. Ada beberapa siswa yang merasa bingung, ga ngerti ma mind map yang saya buat. “Pak…bingung!” gitu katanya. Padahal udah saya bikin sewarna-warni mungkin!😀

Ok…akhirnya mind map ga nyampe selesai di kelas pertama. Dan saya kembali ke yang dulu, nulis materi tanpa mind map-mind map segala. Menulis biasa lagi.

Di kelas kedua, saya sempet mikir. “Ah..kayanya ga usah pake mind map lagi, takut kaya kelas yang pertama”. Tapi hati dan hasrat saya sepakat menolak, saya pengen nyoba mind map di kelas kedua ini. Apapun hasilnya nanti, yang penting coba dulu. Sepakat!

Dan yeah…beberapa mind map berhasil saya buat di kelas yang kedua ini. Reaksi kelas? Senggaknya ga ada yang bilang bingung. Cuma ada yang bilang “Pak…ko spidolnya banyak banget!?”. Saya jelaskan sedikit tentang cara penjelasan materi saya yang sedikit berubah. Saya ajak mereka untuk mengembangkan pola pikir. Mereka bukan anak SMP lagi yang harus teks book banget alias apa yang ada di buku harus ditiru sama persis. Sekarang saya ajak mereka buat ga perlu menjawab pertanyaan ataupun yang lainnya sama persis dengan apa yang ada di buku. Lewat mind map yang saya buat.

Puas? Belum! Ga dipungkiri saya seneng udah bisa bikin mind map di kelas buat penyampaian materi. Dan ini bikin saya lebih semangat untuk lebih memakai mind map daripada menulis, menulis, dan menulis seperti biasanya. Terntata mind map itu menyenangkan! Sekarang saatnya buat lebih kreatif dan lebih berwarna. 4 spidol Snowman dengan warna hitam, biru, merah, dan hijau udah menyatakan siap membantu saya buat melaksanakan misi ini!

Selamat hari jumat. Selamat mencoba hal-hal baru. Berminat mencoba mind map?😀

16 Comments leave one →
  1. quincy permalink
    May 1, 2009 11:37 am

    wah di rpl 1 yah…
    wkwkwk

  2. quincy permalink
    May 1, 2009 11:37 am

    pa yang 446 terbitnya kpn sih ko dah sore gini lom ada juga di idws…

    • May 1, 2009 11:51 am

      :mrgreen: :mrgreen:
      kelas pertama bukan rpl 1 stef! (mudah-mudahan rpl 1 mah ngerti ma mind map saya!😀

      iya neh 446 belum keluar. jangankan di IDWS. saya dari tadi siang udah mondar-mandir ke mangashare, narutocentral, tanya ke mbah google juga! haghh…

      *kalo kaya gini seh judulnya menunggumu!:mrgreen:

  3. May 1, 2009 12:27 pm

    Kenapa dulu saya gak punya guru yang kreatif seperti ini yah ?

  4. May 1, 2009 5:53 pm

    jiahh,,,guru saya dulu masih pake kapur
    salut deh…😀

  5. May 1, 2009 7:13 pm

    mind map kadang kita bikinnya hanya kita sendiri yang ngerti, tapi orang lain nggak ngerti.

    bagusnya mind map itu yang kita faham, dan orang lain juga faham

    tapi kayaqnya bagus juga kalau masing-masing murid dijelaskan mengenai mind map sedetail-detailnya, trus disuruh bikin mind map mereka sendiri…

  6. May 1, 2009 11:38 pm

    kapan2 saya coba..

  7. May 2, 2009 7:44 am

    Pola Pikir?
    Kayak pembelajaran orang yang lagi prajabatan aja
    hehe…

  8. May 2, 2009 11:02 am

    Wah tentor yang dasyat
    Saya juga sedang belajar🙂

  9. May 2, 2009 11:46 am

    emm.. ada contohnya ga? mind mapnya seperti apa. pengen lihat😀

    • May 2, 2009 2:24 pm

      banyak kenta, di mbah google, di wikipedia, di buku.😀

  10. May 2, 2009 2:56 pm

    Mmm…Mind Map..
    Pernah baca di Buku..
    Tapi lupa judul bukunya…

  11. May 2, 2009 7:55 pm

    It sounds interesting.

    *cr info ttg mind map

  12. May 3, 2009 4:31 am

    postingan nya bagus.,
    kunjungi stusQ ya..
    hahaha

  13. May 4, 2009 6:58 am

    iya pan… mind map emang menyenangkan!
    saya suka kalo uda bagian gambar2 gak jelas ama mewarnai…:mrgreen:

  14. May 6, 2009 2:47 am

    wah…30 April kemarin saya baru belajar bikin mind map!
    Belajarnya tdk dari buku, tapi dari kakak kost-mahasiswi FKIP Bahasa Inggris- yang kebetulan nyusun skripsi tentang mind map….
    asik juga kalau belajar di kelas menggunakan mind map🙂

Leave a Reply

