Skip to content

Kelulusan

June 18, 2009

Seluruh siswa kelas XII SMA tanggal 15, 16 kemaren mungkin sudah dapet pengumuman kelulusan UN. Atau malah belum dapet pengumuman kelulusan?

Siswa SMA udah bisa merasakan gimana leganya, bahagianya, dan harunya membaca surat kelulusan, dan dinyatakan LULUS. Siswa SMA udah bisa merasakan gimana stresnya, sakitnya, dan gak percaya waktu membaca surat kelulusan dan dinyatakan TIDAK LULUS.

Tapi siswa SMK di Jawa Barat, sampai dengan sekarang masih harus deg-degan, resah, gelisah, dan gak pasti menunggu pengumuman kelulusan. Saudara saya yang seorang wakasek kurikulum di SMK harus membalas sms dan menjawab telepon dari siswa-siswa kelas XII sampai tengah malam. Satu pertanyaan dari mereka, “Pak, udah ada pengumuman kelulusan belum?”.

Saya yang pernah SMA dan harus menunggu dari pagi sampai ashar juga perasaannya udah gak karuan. Nyampe gak surat pengumuman kelulusannya, lulus gak. Apalagi anak-anak SMK ini yang udah nunggu dari hari senin. Hanya ingin membaca dan tau dia LULUS atau TIDAK LULUS.

Saya gak tau kenapa pengumuman kelulusan SMK di Jawa Barat harus molor kaya gini. Padahal harusnya pengumuman bisa diketahui tanggal 16 atau 17 kemaren. Nyatanya? Sampai sekarang belum ada juga. Tanya kenapa?

Saya baca di koran, masalahnya katanya ada di ujian tulis kompetensi jurusan. Katanya banyak lembar jawaban yang tidak terbaca oleh komputer lah, dan alasan lainnya. Inti masalahnya sepertinya ada di ujian tulis kompetensi jurusan yang udah dilaksanakan jauh hari sebelum UN. Kenapa bisa gini? Tanyalah kenapa, saya juga gak tau.

Terlepas dari carut marutnya dan molornya pengumuman SMK, pikiran saya langsung ke sistem UN sekarang. Lagi-lagi hati saya bilang, kenapa gak dihapuskan aja seh UN yang ada sekarang!?

Sebelum pengumuman kelulusan SMA, ada beberapa SMA di seluruh Indonesia yang harus melaksanakan ujian pengganti/ujian ulang. Katanya UN kemaren pelaksanaannya bermasalah. Jadi UN di beberapa SMA tersebut harus diulang. Jelas ini bikin para siswa tambah stres, juga orangtuanya.

Pada awalnya DPR ngotot ujian pengganti ini gak usah dilaksanakan, dan ngotot kalo UN harus dihapuskan. Tapi nyatanya? DPR lagi dan lagi melunak. Departemen Pendidikan Nasional berhasil menjinakkan DPR yang tadinya ngotot. So…ujian pengganti pun tetap dilaksanakan.👿

Semoga pengumuman kelulusan SMK segera keluar. Para siswa yang udah nunggu-nunggu dari hari senen bisa lega. Bisa bahagia dinyatakan lulus. Bisa membuat orang tua bangga kalo anaknya udah lulus. Yang gak lulus? Harus tetap semangat. Ini bukan akhir dari segalanya. Kalo mau nangis, menangislah. Setelahnya, harus semangat dan berbuat lebih baik di ujian paket C. Buktikan kalo kamu bisa!

Selamat hari kamis. Semoga suatu saat nanti UN bisa benar-benar dihapuskan!:mrgreen:

– – –

Dari ketiga pasangan capres-cawapres, ada gak ya yang berani menghapuskan UN?😀 . Semoga gak ada lagi siswa yang menjadi korban dan dikorbankan.

16 Comments leave one →
  1. June 18, 2009 11:40 pm

    pertamaxxxxxxxxxxxxxxxx

  2. June 19, 2009 2:03 am

    iya euy…
    kasian saya sama anakmuda jaman sekarang yang harus menanggung stres karena standar nilai UN yang terus naik dari tahun ke tahun tapi ternyata tidak juga bisa meningkatkan mutu dan prestasi belajar siswa.

    tapi… anakanak teh biasanya belajar cuma karena ada ujian aja bukan?:mrgreen:

    *kayaknyabakalditimpukinanakmudaseIndonesiadeh…*

    • June 20, 2009 9:37 am

      SKS yo, sistem kebut semalam! saya juga pernah gitu, jadi stres sendiri!😀
      *ngejaryoanbuatnimbuk…:mrgreen:

  3. geulist133 permalink
    June 19, 2009 3:14 am

    hahaha, Indonesian itu cerdas namun kadang bukan ditempatnya. kalau UN gini pada cerdas bikin code buat contekan Tingkat Jenius IQ diatas 140 nya keluar, tapi kalo udah belajar dikelas Muales minta Ampun. coba ada sekolah Kek Tomoe Gakuen, belajar apa yng disukai dulu. pasti asyik ya?

    • June 20, 2009 9:36 am

      melakukan apa yang disukai pasti bawaannya bakal seneng, termasuk belajar apa yang disukai.

      so…kata saya seh supaya belajar enak ya kuncinya itu seneng dulu sama pelajarannya. bukan begitu?😀

  4. June 19, 2009 5:40 am

    UN emang bikin degdegseeer:mrgreen:

    UN penting gak ya..?! Hm,, rada ga adil sih kelulusan hanya ditetukan dari beebrapa mata kuliah aja, kesannya 3 th berjuang di sekolah ga dianggep sama sekali… ck,,ck,,ck,,

    Selamat bagi yang lulus dan jgn berkecil hati bagi tidak lulus…

  5. June 19, 2009 7:02 am

    Pantas saja anak sekolah sekarang bawaannya stress… Kalo masih sekolah saja sudah stress, nanti pas kuliah pasti rajin ikutan demo🙂

  6. June 19, 2009 2:05 pm

    bakalan panjang kalau mau cerita soal UN… *barusan mengalami…*

    beberapa sahabat saya yang baik tidak lulus UN…

    jadi sedih mas..

  7. June 19, 2009 2:27 pm

    betul2x…

    oia, pak Irfan, bapak dapet blog award dari saya. buka link berikut http://dhila13.wordpress.com/2009/06/19/bertuah-award-getting-and-sharing-it/ thx anyway…🙂

  8. June 19, 2009 3:49 pm

    setuju pak bila dihapuskan. Karena pemerataan pendidikan belum merata.
    sulit kalo dipaksakan dengan sistem UN fasilitas setiap sekolah belum merata.

    jadi mari kita pikirkan langkah selanjutnya

  9. June 20, 2009 2:08 am

    Heeeem semoga cepet pengumuman,
    Duuuh gak enak bgt rasanya di gantung begitu.
    susah makan, susah tidur deh.

    Soal kelunakkan DPR… no comment… we all know.lah

    bibir mingkem, mo ngomong takut kena UU ITE

  10. June 20, 2009 5:26 am

    bener banget !
    hapus aja UN …

  11. June 20, 2009 2:10 pm

    IMO, Kalo UN dihapuskan .. apa siswa nggak malah tambah males belajar?
    ada UN aja masih males belajar kok🙂

  12. June 20, 2009 2:48 pm

    wah.. pasti lagi dag dig dug donk..

  13. June 20, 2009 10:19 pm

    masih bermasalah aja nih UN…😦

  14. June 23, 2009 4:14 am

    bukana makinbaik malah makin blin9er neeh sistem pendidikan di endonesia😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: