Skip to content

Ketika Cinta Bertasbih

June 20, 2009
KCB = Ketika Cinta Bertasbih

KCB = Ketika Cinta Bertasbih

Saya sebenernya suka sama novel Kang Abik. Ini setelah saya baca novel Ayat-Ayat Cinta. Tapi gak tau kenapa saya gak berminat buat nonton film dari adaptasi novel Kang Abik. Film Ayat-Ayat Cinta (AAC) pun saya gak nonton. Waktu udah diputer di teve juga gak berminat buat nonton.

Saya sama sekali belum baca novel Ketika Cinta Bertasbih (KCB), tapi gak tau kenapa saya pengen nonton film dari adaptasi novel ini dengan judul yang sama. Aneh memang, novel AAC yang udah dibaca tapi gak nonton filmnya. Sekarang novel KCB yang belum pernah baca tapi pengen nonton filmnya.😀

Ada beberapa alasan kenapa saya pengen nonton film ini. Film KCB disebut sebut sebagai mega film karena mengambil setting di Mesir dan para pemainnya diambil dari proses audisi dan karantina yang cukup ketat. Ditambah katanya film KCB ini gak ngepop kaya film AAC. So saya pun niat banget pengen nonton filmnya, kaya apa seh. Akhirnya minggu kemaren saya nonton juga.

Setelah nonton filmnya, ada beberapa hal yang saya suka, ada juga yang saya kurang suka.

Yang saya suka :

Keseluruhan cerita di film ini buat saya cukup bagus (kayanya emang gak ngepop). Tokoh utama (Azzam) yang diperankan dari pemain baru, buat saya pas aja di filmnya. Dan temen-temen Azzam yang diperankan para pemain baru juga saya suka, apalagi tokoh Hafiz.

Yang kurang suka :

Waktu awal-awal film diputer, gambar adegan di pantai yang lagi bakar ikan kurang bagus. Kalo boleh dibilang emang gak bagus. Ilustrasi musiknya juga kurang greget, Melly banget ya. Tokoh Furqon yang diperankan oleh pemain baru di awal-awal kurang saya suka, gak sebagus yang diperankan tokoh Azzam yang diperankan oleh pemain yang sama-sama baru. Ending dari filmnya, bersambung! Haghh… (iya juga seh, soalnya kan novel KCB juga bersambung). Terakhir yang saya kurang suka, banyak iklannya!🙄

Selama full saya nonton film ini, gak ada adegan yang bikin saya bener-bener terharu banget. Malah banyaknya ketawanya kali ya. Yang cukup bikin saya sedikit diem dan terharu cuma adegan Fadil nyanyi di pernikahan orang yang dicintainya, surat dari adeknya Azzam yang menginginkan kakaknya segera lulus dan pulang ke kampung halaman, dan bagian persyaratan gak mau dipoligami yang diajukan Ana untuk menerima lamaran pernikahan Furqon dan bersedia untuk menjadi istri Furqon.

Kalo boleh membandingkan dengan film Indonesia yang lain yang saya nonton sebagai orang yang awam dalam perfilman :

Adegan Lintang di film Laskar Pelangi yang tidak lagi sekolah dan pamitan kepada teman-temannya di sekolah masih jadi nomer satu yang bikin saya terharu banget, gemeteran, dan pengen nangis. Ilustrasi musik di film KambingJantan masih lebih bagus dibanding ilustrasi musik di film KCB ini. Soal cerita, film KCB buat saya udah cukup bagus untuk film dengan kategori sejenis.

Di akhir film hampir semua yang nonton kecewa, yah…ko bersambung. Jadi ada plesetan sedikit buat KCB, KCB = Ketika Cerita Bersambung!:mrgreen:

Udah nonton film KCB? Bagus? Kurang bagus? Gak minat buat nonton? Atau malah berniat dateng lagi ke bioskop buat nonton lebih dari satu kali? Menikmati film sama aja dengan menikmati makanan, ini soal selera. Saya sebagai orang yang awam dalam perfilman dan nonton film ngasih film KCB 3 setengah bintang dari 5 bintang. Kalo kamu?

Selamat hari sabtu, selamat berakhir pekan….

– – –

Saya agak kurang konsen nonton filmnya. Di pertengan film dan akhir-akhir film, tepat di belakang tempat duduk saya, ada orang yang bawa anak dan anaknya nangis!! Arghhh….. jadi kasian sama si adek kecil, waktunya tidur ko diajak nonton film KCB!:mrgreen:

22 Comments leave one →
  1. June 20, 2009 11:08 pm

    Salam kenal…. Saya udah nonton… bener tuh pas adegan di pantai garing banget… background langit kok kaya di studio ya?… terus bener juga pemeran Furqon nya masih belum menjiwai, kasarnya keliatan banget pemulanya… hehehe….

    Keseluruhan film saya beri nilai 3 (sama semua ya analisanya🙂 ). kalau stting saya beri nilai 5. Bikin mupeng tuh pas azzama sama Furkon ngobrol berdua di pinggir dermaga (lupa lagi dermaga apa namanya).. di tiup angin kenceng… manteeeeep…… hehehe…..

    Ilustrasi musik di film KambingJantan masih lebih bagus dibanding ilustrasi musik di film KBC ini. Soal cerita, film KBC buat saya udah cukup bagus untuk film dengan kategori sejenis.

    lihat lagi deh tulisannya, bukan KBC tap KCB kali yah?…

    • June 21, 2009 8:46 am

      betul, bukan pantai tuh. berasa pake background.
      yang KBC udah saya ganti mas…😀

  2. June 21, 2009 1:53 am

    hmmm… sayangnya di kota saya ga da bioskop.. huhu..

  3. June 21, 2009 3:40 am

    err…
    sebelumnya saya minta maaf dulu sama para penggemar AAC dan KCB…
    saya… kok sama sekali ngga tertarik nonton dua pilem itu ya…
    saya baca AAC dulu sebelum orang2 pada ribut2 rame2 AAC, dan saya langsung antipati sama ceritanya. it’s so sinetron…
    dan karena ‘trauma’ baca AAC itulah waktu temen2 saya nyodor2in buku KCB saya sama sekali ngga tertarik biarpun kata temen2 saya “bagus banget tau, Yo. bikin terharu….”

    prett… kata saya… baca tu Kite Runner kalo mau bener2 terharu…

    *siapsiapkabursebelumditimpukinpenggemarAACdanKCB*

    *peace evribodi, peace!*:mrgreen:

    • June 21, 2009 8:49 am

      Kite Runner saya belum pernah baca yo. tapi udah pernah nonton filmnya. keren, bagus banget, sampai masuk daftar film favorit saya di fesbuk!😀

      *parapenggemarAACdanKCBmonggongejaryoansebelumdiakaburjauh…:mrgreen:

      • June 23, 2009 2:18 am

        pan, fesbuk-nya saya add ya?
        :mrgreen:

        • June 23, 2009 6:17 am

          dengan senang hati yo…
          jadi kan saya bisa tau sebenernya yo itu “om” atau “tante”!:mrgreen:

          *kabur…

  4. June 21, 2009 4:43 am

    awaLx saiaa mw nontoN..
    tpi begitu m’dengaR katax BERSAMBUNG…
    yahhhhh………..slera nontoN saia iLangg..:(
    kLo mslaH ceRita..saia lbH suka AAC..:)

    *btw bLogx mas irfaN daH terlinK..;) *

  5. June 21, 2009 5:48 am

    saya pengen nonton
    cuma belum menyempatkan diri
    moga di suatu waktu
    sahabatku🙂

  6. June 21, 2009 9:49 am

    waahh.. kemaren sempet mo nonton.. cm ngantri banget.. gajadi deh..
    BTW, katanya seruan film “Ketika Celana tak Bersih” loh….
    bener ga yah?

    • June 22, 2009 9:32 pm

      baru tau saya, ada ya “Ketika Celana tak Bersih”!?:mrgreen:

  7. June 21, 2009 3:29 pm

    jujuuuuurrrr banget, *maap yah buat yang suka KCB*, saya kok tidak tertarik dengan KCB?? tapi lebih tertarik dengan “Garuda di Dadaku” dan “King” yang bentar lagi mau rilis.

    salam…😉

    • June 22, 2009 9:31 pm

      Garuda di dadaku udah nonton belum dil? saya pengen nonton tapi belum sempat dan gak tau bisa nonton gak!😀

      kalo dila udah nonton, tulis reviewnya di blog!:mrgreen:

  8. June 21, 2009 4:12 pm

    Wah..pengen banget nonton filmnya…udah ada yg upload blm yah di yuoutube..hehehe

  9. guskar permalink
    June 22, 2009 3:48 am

    AAC maupun KCB, saya nggak baca novelnya juga nggak lihat filmnya cuma baca review2nya saja.
    btw, pemeran yg pake kerudung merah itu cantik banget ya😉

    • June 22, 2009 9:29 pm

      iya, temen saya juga komen yang sama. cantik banget katanya.
      mas guskar coba nonton filmnya aja, siapa tau nanti bilang “subhanallah….lebih cantik dari apa yang saya liat di poster filmnya!”:mrgreen:

  10. June 22, 2009 8:14 am

    wah hari pertama langsung nonton, lha ceritanya mirip kisahku kok, eeh cuma dimirip-mirip dink. selamat sore salam hangat

  11. June 22, 2009 10:34 am

    Belum nonton, dan kayaknya belum minat.
    Nunggu di tv aja lah🙂

  12. June 23, 2009 2:49 am

    lom nonton bro hehehe

  13. June 23, 2009 4:03 am

    nda berminaT wat nonTon sejak den9ar mau difilmkan..
    dan meman9 TIDAK masuk dLm list tonTonan,meski diputar ditipi sekalipun🙂

  14. June 30, 2009 1:31 pm

    Ga nonton AAC dan pastinya bakal ketinggalan KCB juga..
    tapi setelah baca review filmya di beberapa blog, jadinya malah ga pengen nonton hehehe..

  15. ari permalink
    July 5, 2009 7:05 pm

    Yg pke kerudung merah tu cuantik buanget yach….
    betul kata mas guskar …
    kayak bidadari githu lho…
    hehehe 8)

Leave a Reply

