Skip to content

Perpisahan

June 26, 2009

Surat pengumuman kelulusan sekolah udah didapat, ijazah tinggal menunggu, dan kini saatnya perpisahan. Perpisahan dengan guru yang luar biasa, teman-teman terbaik, jajanan sekolah yang gak ada duanya, dan kenangan yang mungkin sulit dilupakan. Pake kebaya, setelan jas, dan aksesoris lainnya untuk ikut meriahkan acara seremonial, perpisahan kelas 3.

Tangis haru dan bahagia pun campur baur jadi satu. Sedih meninggalkan semuanya yang ada di sekolah, dan bahagia karena bisa lulus dari UN yang mungkin sempet bikin stress.

***

Saya pun pernah merasakan seremonial perpisahan, di SMP dan SMA. Tapi sayangnya seremonial perpisahan itu gak ada yang cukup bikin saya terkesan. Waktu temen-temen SMP saya nikmatin acara perpisahan di lapangan sekolah, saya malah asik dengan temen-temen sekelas maen bola kasti yang sengaja dirubah fungsinya menjadi bola sepak di dalam kelas.

Waktu temen-temen SMA saya semuanya pake setelan jas yang luar biasa dan duduk di depan panggung di lapangan sekolah, saya malah asik ngobrol dan duduk –duduk di halaman masjid sekolah dengan setelan kaos berkerah dan pake sandal. Ngobrol dengan teman yang sama-sama harusnya pake jas, tapi kami malah pake kaos dan sandal. Teman-teman saya yang lain protes kenapa saya pake kaos. Tapi saya jawab, “Maaf banget…saya gak punya jas. Gak apa-apalah kaya gini juga, yang penting mah rapi.”

***

Tapi ada perpisahan yang buat saya lebih luar biasa dibanding acara-acara seremonial kaya gitu. Perpisahan dengan temen-temen sekelas, perpisahan dengan guru, perpisahan dengan warung tempat biasa saya makan, dan perpisahan dengan temen-temen kost SMA😦

Kenangan yang gak mungkin dilupakan pasti akan tetap ada dan terekam jelas di pikiran, walaupun tempat dan waktu terus berubah. Saya pun merasakannya. Saya yang pernah kena segel, hampir diskors dan dibentak-bentak ditengah lapangan, dibentak dihadapan guru-guru dikelas, karena menjadi tersangka sebuah kasus waktu SMP. Tapi akhirnya semuanya terselesaikan dengan pelukan dan tangis haru dengan teman-teman sekelas, karena memang saya sama sekali gak bersalah!😥

Saya yang pertama kali kena virus merah jamu, pertama jatuh cinta dan punya pacar waktu SMA. Dan harus berpisah dan siap dengan LDR, karena saya langsung berangkat ke Jogjakarta. Sering maen bola dengan temen-temen kost di halaman belakang sekolah, dan sering dikejar penjaga sekolah karena kaca-kaca kelas banyak yang pecah. Saya yang pertama kali naek gunung malem-malem, jalan kaki dari Lembang sampai puncak Gunung Tangkuban Perahu, dan pulang ditinggal temen-temen yang lain karena saya tidur didepan pintu masuk!

Kelas 3 SMA : Tapi saya lagi gak ada di foto! :mrgreen:

Kelas 3 SMA : Tapi saya lagi gak ada di foto!:mrgreen:

*Perpisahan dengan kenangan-kenangan ini yang buat saya lebih luar biasa dari acara seremonial perpisahan. Sayang rasanya kalo SMA gak punya kenangan yang luar biasa😀

***

Seperti kata Peterpan, tak ada yang abadi. Perpisahan, secara gak sadar dan gak terasa mungkin akan segera datang. Seperti perpisahan masa-masa sekolah sekarang. Atau mungkin perpisahan dalam hal lainnya.

Pernah mengalami masa-masa yang luar biasa waktu berseragam putih abu? Perpisahan yang berkesan dengan semua yang ada di sekolah? Atau malah menjadi “korban” sistem UN, gak lulus karena satu pelajaran nilanya kurang (semoga jawaban yang ini adalah TIDAK)?

Mantan pacar boleh ada, tapi gak ada yang namanya mantan teman, bekas teman, apalagi mantan dan bekas guru!

Selamat hari jumat. Perpisahan, harusnya selalu siap jika hal itu datang. Dan semoga perpisahan itu memberikan kenangan yang luar biasa, bukan kenangan yang menyakitkan🙂

30 Comments leave one →
  1. June 26, 2009 4:09 am

    selamat udah dapat melewati 1 tahapan dan menuju tahapan pembelajaran lebih tinggi

  2. June 26, 2009 4:34 am

    jadi ingat masa lalu aq yang culun dulu…

  3. June 26, 2009 4:40 am

    sengaja tuh gak masang foto yg ada gambar pribadinya… hehehh…

    btw, pak, blog ini dapet award lagi. mohon diterima. silahkan klik http://dhila13.wordpress.com/2009/06/26/awards/

    trimsssss…… ^^

    • June 26, 2009 10:05 pm

      yee…kebetulan foto SMA yang ada di notebook cuma itu dil. sebenernya saya ada ko di belakang foto itu, di belakang tembok!:mrgreen:

      wah…dapet award lagi neh ceritanya. baru aja ngerjain pe-er, ini udah dapet pe-er baru lagi!😀

      makasih….

  4. June 26, 2009 5:00 am

    ehm… sekarang udah ngga LDR lagi kan, pan?
    kikikik…
    [“bukan itu esensi tulisan ini, Yo!” kata irpan. “bodo,” kata saya. dan irpan pun bersiap melempari saya dengan chunky bar… :lol:]

    • June 26, 2009 10:06 pm

      masih LDR yo!😦
      *siapnimpukyo…

  5. June 26, 2009 5:30 am

    perpisahan suatu keadaan yang sulit kita hadapi…semuanya perlu mental dan hati yang kuat…btw selamat ya, slam kenal juga buat kamu

  6. June 26, 2009 6:09 am

    kadang sedih terasa
    tapi indah saat pertemuan kembali ada

  7. June 26, 2009 9:42 am

    perpisahan memang menyedihkan tapi membuat rasa kangen itu ada.
    salam superhangat.

  8. androginygothic permalink
    June 26, 2009 9:56 am

    Ummm….perpisahan itu emang mengharukan….saat ntu jd kerasa betapa menyenangkannya saat2 bersama….(halagh), dan ada perasaan ingin mengulang masa lalu…ada pertemuan, ada perpisahan….

  9. June 26, 2009 10:51 am

    perpisahan itu sebuah keniscayaan anakku…
    masalahnya hanya waktu semata…yang penting kenangan indah yang harus kita ingat selalu.

    (mencoba sok bijak….pantes nggak? pantes nggak?)😀

    • June 26, 2009 10:08 pm

      pantes ko komandan! kalo komandan bilang bijak, saya sebagai pasukan juga akan bilang gitu!:mrgreen:

  10. June 26, 2009 11:08 am

    Wahhh…me3mbuka kenangan lama,,..

    Kenangan itu memang sangat indah ya…🙂

  11. ettachan permalink
    June 26, 2009 1:35 pm

    wah
    saya juga nih
    baru saja berpisah dgn teman2
    huhu

  12. June 26, 2009 2:06 pm

    Berpisah untuk bertemu lagi,kelak kalau sudah padfa jadi menteri.
    Salam kenal dari Surabaya

  13. June 27, 2009 6:59 am

    selamet deh…
    sekarang saatnya kamu memilih n jadikan pilihanmu itu sesuatu yg sangat berharga.
    karna kamu akan memulainya dari awal…
    semangat terus yah…
    salam kenal😀

  14. June 27, 2009 7:07 am

    selalu indah untuk dikenan9 masa masa sekulah duLu..
    sebenernya palin9 nda suka den9an kaTa berpisah tapi ya 9imana la9i😦

    ** lah nda nyambun9😀

  15. June 27, 2009 7:34 am

    Berpisah dengan teman emang menyedihkan. Lebih menyedihkan lagi kalo berpisah dengan “Blog”
    haha……
    Semangat teruss…..

  16. June 27, 2009 10:09 am

    mau melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi pastinya

  17. June 27, 2009 12:14 pm

    kenangan? Apa ya kenanganku dulu..
    eh, iya, waktu itu perpisahan sma, aku lagi mojok ma pacarku. jangan ngeres dulu ya, mojok itu maksudnya rada pinggir dari temen2 tapi tetep di tempat terang.
    malam itu bulannya lagi nyabit, kita berdua duduk di lap. basket SMU. lagi enak2nya ngobrol en janji ini itu… tiba2 jedug..!
    sebuah tas ce mampir di kepalaku, waktu nengok ternyata pacarku yg satu lagi tengah berkacak pinggang di belakangku
    hehehe… makasih kamu dah membuat aku cekikian mengingat masa yg lalu
    c u….

    • June 29, 2009 1:02 pm

      o…o…kamu ketahuan pacaran lagi, mojok sama yang lain!:mrgreen:
      *sekarang masih suka mojok “umpet-umpetan” kaya SMA gak neh?:mrgreen:

  18. June 28, 2009 11:13 am

    Nah itu dia mas enagnya bagian unas, tapi pisah itu cukup menyedihkan ya tapi demi masa depan de……….

  19. June 28, 2009 8:40 pm

    wahh..masa SMA saia rasax nano2 mas…
    ad yg manis..asem..asin…hihihihi..;p
    yg jlass..dampakx msH terasa lahh ampe skG..:D

  20. Hamzah permalink
    June 29, 2009 2:00 am

    hihihi, pake kaos, sandal… kita beda sendiri ya pas perpisahan SMA😀

    what a memory!

    • June 29, 2009 1:05 pm

      hamzah fauzi? mimpi apa saya semalem hamzah baca postingan ini!?😀
      temen “nongkrong” di masjid waktu perpisahan, pake kaos, pake sandal. kita emang beda sendiri ya zah pas perpisahan!

      *apa kabarnya jepang zah??? salam saya buat naruto udah disampaikan belum?:mrgreen:

  21. June 29, 2009 3:05 am

    es em a? Waaaah byk kenangan yg kalau diceritakan smua bisa bikin novel hehe. Tp satu hal yg diinget adl kebersamaan dgn teman2, sampe diomeli org tua krn pulang kemalaman hehe

    • June 29, 2009 1:06 pm

      abis ajojing ya mba eka? hayoo….:mrgreen:

  22. geulist133 permalink
    June 29, 2009 7:18 am

    Kak main ke rumah ku ada sesuatu untukmu!

  23. guskar permalink
    June 29, 2009 9:36 am

    hampir setahunan ini, saya dan kawan2 sma kembali berkomunikasi setelah “berpisah” hampir 23 tahun lalu…

  24. June 29, 2009 4:15 pm

    pernah aku merasakan perpisahan yang sangat berkesan dengan sahabatku waktu lulus SMK, kami berlibur bert 3 di rumah neneku di bandung dan kala itu pas event World Cup 2002. dilewati dengan tawa dan canda seperti hari-hari kami sekolah hingga di hari ketiga pas kami berpisah di terminal Kp.Rambutan, kami menangis bertiga dalam keharuan dan hingga kini kami lost contact…uhh..*gw Comment apa cerita ya..??*😀

    -salam- ^_^

Leave a Reply

