Skip to content

Setelah 6 Bulan Jadi Guru

July 16, 2009

teachingTercatat mulai pertengahan bulan Januari kemarin saya “terjun” ke dalam dunia guru. Dan pertengahan bulan ini genap 6 bulan sudah saya dapet pengalaman jadi guru itu kaya gimana rasanya.

6 bulan yang luar biasa buat saya. Ternyata jadi guru emang gak gampang, gimana gak enaknya kalo gak diperhatikan, gimana gak enaknya kalo si siswa susah banget buat diatur. Tapi diluar itu, 6 bulan saya jadi guru memberikan pengalaman yang luar biasa, menguatkan tekad yang awalnya hanya “coba-coba”.

6 bulan itu memberikan pelajaran buat saya gimana seorang guru harus total dan ikhlas buat ngasih pengajaran di kelas. Dan saya belajar benar dari itu. gimana guru yang malas-malasan akan dapat penghargaan dan apresiasi yang kurang dari siswa. Begitu juga sebaliknya.

6 bulan itu udah ngasih kesenangan yang lebih dari cukup. Saya nikmati benar menjadi seorang guru. Dan ternyata niat dan tekad itu tumbuh dalam perjalanan. Jalan yang saya ambil buat jadi seorang guru memang sebenarnya gak populis. Dengan ipk yang mungkin lebih dari cukup, latar belakang jurusan yang non kependidikan, langkah untuk jadi guru sempat jadi pertanyaan. Kenapa kok milih jadi guru aja?

Jawaban yang saya punya sampai dengan sekarang adalah “saya ingin seperti bapak!”. Gak tau kenapa kalo saya ditanya pertanyaan itu, saya lebih milih jawaban ini.

Tahun pelajaran baru belum lama ini udah dimulai. Pengalaman 6 bulan buat saya jadi pelajaran gimana saya seharusnya kedepan di tahun pelajaran baru. Sekolah sekarang gak murah, siswa pun diharuskan membayar biaya ini dan itu. saya cuma berniat dan bertekad buat ngasih yang terbaik buat mereka. Berbagi ilmu yang saya punya dengan cara-cara yang terbaik. Karena mereka berhak mendapatkan yang terbaik atas apa yang udah mereka bayar untuk belajar di sekolah. Dan harusnya seorang guru tau sekarang apa yang menjadi hak siswa untuk mendapatkan transfer ilmu yang terbaik.

Dan saya dengan sendirinya terus belajar buat menguasai diri dan terus mengembangkan diri. Masih yakin dan percaya dengan niat dan tekad saya yang sekarang tumbuh dengan sendirinya, tumbuh tanpa disadari. Niat dan tekad yang kuat untuk 6 bulan kedepan, 1 tahun kedepan atau mungkin niat dan tekad yang kuat untuk menghabiskan pengabdian menjadi seorang guru selama hidup, mungkin. Saya masih inget betul dengan kalimat ini :

Jika anda yakin dengan hal baik yang akan anda lakukan, maka lakukan dengan kebulatan tekad. Keajaiban lahir dari suatu kebulatan tekad.

Dan sampai sekarang saya masih yakin dan percaya dengan jalan yang saya ambil dari pertengahan Januari, masih percaya dengan kalimat ini. Saya juga inget betul dengan kalimat-kalimat di novel 5 cm :

Yang bisa dilakukan seorang makhluk bernama manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinannya adalah mereka hanya tinggal mempercayainya.

Selamat hari kamis menjelang jumat. Apapun pekerjaannya, apapun profesinya, apapun latar belakangnya, sungguh itu bukan menjadi pembeda dihadapan-Nya. Semangat, ikhlas, dan tulus dalam pekerjaan buat saya yang menjadi pembeda…karena pada dasarnya yang dilakukan itu adalah ibadah, ibadah dengan ikhlas dan tulus untuk mengharapkan ridho-Nya.

– – –

Sekarang saya diberi tugas buat jadi wali kelas, makin berat aja neh tugas. Semoga Allah memberikan kemudahan atas segala urusan…

Tambahan : Sekarang tiap postingan dan komentar di blog ini ditambahkan dengan fasilitas voting. Yang mau nge-vote postingan saya dan setiap komentar di tiap postingan, silahkan tinggal di klik saja tanda bintang dan jempolnya. (*berkenan nge-vote?🙂 )

Gambar diambil dari pencarian gambar “guru” di google.

31 Comments leave one →
  1. geulist133 permalink
    July 16, 2009 1:17 pm

    Wow Keren Mas!

    Ngajar apa Mas?
    Mau dong diajarin biar pinter
    :Centil Mode: ON

    • July 17, 2009 10:30 pm

      ayo…ayo sini kemari nanti saya ajar. pelajaran apa ya!?:mrgreen:

    • July 17, 2009 11:01 pm

      Haiyo mumpung ana kabar anyar, ndang ditambahi tulisane mas, bome dideleh kene😀

  2. July 16, 2009 1:29 pm

    Wah, anak muda…
    Sungguh mulia cita2mu itu…

    Profesi guru buat saya jg adalah profesi paling mulia dan bermanfaat bagi banyak orang.

    Selamat malam jum’at, Pan. Selamat menjadi guru dan menjadi teladan.

    • July 17, 2009 10:40 pm

      belum berniat menjadi guru yo!?
      *kanudahpunyaakta4 (benerkan?)…:mrgreen:

      *selamat hari sabtu tante

  3. July 16, 2009 2:25 pm

    wah mas, slemat ya buat tanggung jawab baru yang diberikan🙂
    aku juga baru 6 bulan ngajar lho! *salaman*

    • July 17, 2009 10:32 pm

      salaman dulu ah phiy….terus tos!
      *ternyata samaan, sama-sama baru 6 bulan!🙂

  4. July 16, 2009 2:44 pm

    wehee .
    jadi guru ,
    mudah”an disukai murid” .
    biar enak ngajarnya .

  5. July 16, 2009 3:49 pm

    Wew, ketemu pak guru baru. Selamat menghajar mas IM… semoga pendidikan kita lebih ngetop dengan hadirnya guru baru nyang pinter ngeblog. Let’s we Go!Blog.🙄

    • July 17, 2009 10:37 pm

      ayo sama-sama ngeblog pak guru!🙂
      *tapi ko selamat menghajar? maksudnya gak “menghajar” siswa kan pak guru wandi?:mrgreen:

      • July 26, 2009 6:52 am

        pak wandi emang profesinya menghajar, bukan mengajar😆 aya’2 wae nih pak wandi😛

  6. July 16, 2009 4:12 pm

    Guru merupakan tautan Bangsa dan salah satu sosok yang memiliki citra sepanjang massa, salam D3pd ^_^…V chayoo

  7. July 16, 2009 5:48 pm

    Salam kenal, Pak Guru
    Moga betah hingga bertaon2….

  8. July 16, 2009 6:12 pm

    Selamat ya bro…
    Tapi inget, kalo waktunya ngajar, jangan inget-2 tentang nge-blog hehe…..

  9. July 17, 2009 1:02 am

    zemangat pagi sahabat, en zemangat mengajar ^_^

  10. sociopolitica permalink
    July 17, 2009 2:43 am

    Pilihan profesi anda adalah pilihan yang baik. Dan apapun profesi yang kita pilih, lakukanlah sebaik mungkin. Guru tak hanya bertugas mengajar, tetapi yang utama adalah mendidik. Bukan pekerjaan biasa meski salarynya sangat biasa saja.

  11. July 17, 2009 5:33 am

    Guru : Digugu dan ditiru..

    inget Juragan,, Guru kencing berdiri,, murid kencing berlari..hehe..

    Salam Kenal..
    Salam Perubahan..
    Salam Anak Bangsa..

    http://celotehanakbangsa.wordpress.com/2009/07/14/kalau-anggota-dpr-sok-tau/

  12. miabonita permalink
    July 17, 2009 6:20 am

    salam super…!!!

    saya dulu gak punya cita2 jadi guru, tapi…
    jadi guru itu mengajarkan arti hidup…

    hehehe lebay deh…

    semoga cepet lulus (saya-nya) trus bisa nyusulin pak guru irfan jadi guru hwohahahah

    • July 17, 2009 10:42 pm

      ayo segera selesaikan skripsinya dan susul saya dengan top gear alias kecepatan penuh…!🙂

  13. guskar permalink
    July 17, 2009 7:24 am

    lagu ini saya persembahkan buat pak guru baru yg punya blog ini dan pak guru wandi tukang kompor :
    terima kasihku kuucapkan/pada guruku yang tulus/ilmu yang berguna, slalu dilimpahkan/untuk bekalku nanti/setiap hari ku dibimbingnya/agar tumbuhlah bakatku/kan ku ingat slalu nasehat guruku/terima kasihku guruku

  14. July 17, 2009 8:35 am

    wwaahh..
    hebadt..
    coment balik ya pak guru.

  15. July 17, 2009 11:51 am

    Pak Guruuuu
    terus semangat mengajar yah🙂

  16. July 17, 2009 1:37 pm

    guru = great job. jadi inget sama oemar bakri🙂

  17. tigaw permalink
    July 18, 2009 2:14 am

    selamat pagi pak Guru mau sedikit atau banyak nilainya uru tetap sama “Tanpa Tanda Jasa”
    Salam sahabat dari Balikpapan?
    Buku2 Pelajaran Gratiskan pak Guru?

    • July 20, 2009 2:29 pm

      buku pelajaran dari pemerintah (BSE) kan gratis, tinggal donlot aja!🙂
      salam sahabat juga dari seberang pulau…

  18. July 18, 2009 4:38 am

    wah yang sudah jadi guru.. selamat ya.. temen-temen sma ku yang usianya sebaya (perkiraan sktr umur 22-23 sekarang).,… tugas yang mulia, selamat men.,.

  19. July 19, 2009 4:35 am

    Guru itu pahlawan tanpa tanda jasa😀

  20. July 20, 2009 8:50 am

    Apapun profesi kita, asal dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas, pasti membawa kebaikan utk diri sendiri dan orang lain.
    6 bulan sudah jadi guru, hebad itu…. melewati sebulan pertama pasti terasa berat, karena blm terbiasa. Tp lama2 pasti bisa.
    Salut buat mas irfan yang sudah berbakti buat anak2 bangsa ini🙂

  21. July 22, 2009 4:36 am

    aku nda kesampean fan jadi 9uru😦
    da tutup akta 4 yan9 di ukinya hiks hiks..
    tapis etidaknya nnati aku bisa menadi 9uru ba9i anak anakku**pen9hiburandiri

    seman9ad ya fan,yipz apapun pekerjaannya cintailah pekerjaan itu
    jan9an 9alak 9alak fan😀

  22. July 26, 2009 6:51 am

    PPL yah? ato emg dah jadi guru beneran nih? kuncinya cuma satu kok🙂 ikhlas !! itu tho’. kalo ikhlas, murid dg tingkah gmn pun insyAllah bisa sabar ngadepinnya🙂 jadikan mereka teman, jgn membangun sekat terlalu tinggi. krn terkadang kt ga sadar kalo sikap kita dah mematikan karakter dan potensi anak didik. tersenyum yg ramah, jalin kedekatan scr psikologis dg masing2 anak. itu akan memudahkan kita mengambil metode mengajar yg terbaik. tak ada profesi yg paling menyenangkan dan bikin kaya hati selain jadi guru🙂

    ttp semangat, pak guru !!

  23. July 29, 2009 3:30 am

    Kerenn ^^v

    Hayuuhh… sukses selalu ya pak guru…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: