Skip to content

Sakit Itu Gak Enak

September 28, 2009

Kemarin-kemarin dengan penasaran kenapa saya sering kena sakit rahang dan sekarang lagi sakit rahang yang udah bikin semuanya gak enak. Gosok gigi susah, makan jadi gak nikmat (cuma bisa makan mie), dan menjalar jadi sakit kepala yang “nikmat” juga. Saya pun akhirnya iseng-iseng tanya ke mbah google. Dan penasaran saya sedikit terjawab dengan disertai sedikit ketakutan.

Rahang yang retak menyebabkan rasa sakit dan biasanya merubah arah gigi mengatup. Seringkali, mulut tidak bisa membuka lebar, atau berubah ke salah satu sisi ketika membuka atau menutup.

Sumber yang lain bilang, rahang yang retak bisa menyebabkan tidak rata pada tulang pipi yang bisa dirasakan ketika jari meraba sepanjang pipi, dan juga bisa menyebabkan pendarahan di tengkorak

Saya sedikit shock bacanya. Tidak rata di tulang pipi? Pendarahan di tengkorak? Saya termasuk orang yang suka parno-an, dan baca beginian bikin sedikit saya jadi parno, takut. Sebelum saya baca tentang rahang retak ini, saya ngerasa kalo pipi yang kanan dengan yang kiri sedikit beda. Gak rata. Rahang sebelah kanan dengan yang kiri beda waktu di raba. Dan ini jadi sama apa yang saya baca setelahnya! Haghh…

Apakah nanti saya diperban kaya gini supaya gak sakit rahang lagi? :mrgreen:

Apakah nanti saya diperban kaya gini supaya gak sakit rahang lagi?:mrgreen:

Pendarahan di tengkorak? Ngeri ngebayanginnya, dan gak mau sama sekali! Belum puas dari sumber yang satu, saya tanya lagi ke mbah google. Dan dapet yang sedikit ilmiah, namanya : temporomandibular joint (TMJ)

Temporomandibular joint adalah persendian yang terletak pada rahang belakang, yang menyambungkan antara rahang bawah dan rahang atas (tengkorak kepala). Pada bagian ini dapat terjadi inflamasi dan trauma yang mengakibatkan rasa sakit, mulut tak bisa menutup, dan pembengkakan yang signifikan. Penyebab utamanya adalah trauma, tapi TMJ bisa juga dipengaruhi oleh ankylosis, arthritis, kelainan rahang, dan neoplasia.

1 : Letak Temporomandibular Joint (TMJ)

1 : Letak Temporomandibular Joint (TMJ)

Jejak rekam saya sakit rahang kaya gini gak tau awalnya dari mana. Yang saya ingat, dulu pernah waktu menguap, mulut terbuka terlalu lebar. Dan waktu mau nutup, ada sedikit bunyi di bagian rahang, dan sedikit susah buat nutup. Kata orang namanya keceklik. Dari sana, saya sering banget kena yang beginian, sakit rahang. Argghhhh….!!

Diliat dari gejala yang saya alami, kayanya saya kena TMJ ini. Tapi ko kenapa sering banget ya? Parno muncul lagi, saya takut rahang kenapa-napa. Pengen ke dokter, tapi saya termasuk orang yang males kalau udah harus pergi ke dokter buat ngecek kesehatan sendiri. Dan kembali ke pikiran primitif, “ah..nanti juga sembuh sendiri”. Memang kadang sembuh sendiri dengan cara yang gak terduga. Kadang abis gosok gigi langsung sembuh. Kadang bangun tidur udah gak kerasa lagi. Aneh!😀

***

Saya jadi inget dengan postingan saya sendiri, yang INI. Berpikir apa yang udah saya lakukan terhadap orang lain, terhadap DIA. Ada yang tersakiti kah, atau DIA sedang memperingati saya dengan cara sakit rahang ini? *mencoba ikhlas dan terus berpikir…

Kalo memang ada yang tersakiti, maaf semaaf-maafnya. Dan Ya Rab…ampunilah saya! Sungguh Engkau Yang Maha Pengampun.

Selamat hari senin. Semoga dengan cara sakit ini adalah hal pengurang dosa, dan DIA berkenan memberikan ampunan dan kesembuhan-Nya. Saya percaya.

– – – –

Quote dan gambar diambil dari beberapa sumber. Ada yang pernah sakit rahang kaya gini? Please help me! Terima kasih buat Dila yang udah ngasih info soal aspirin dan minyak tawon!😀

Sakit itu ternyata gak enak dan serba gak enak!🙂

12 Comments leave one →
  1. September 28, 2009 2:13 am

    wew… syafakallah, pan… semoga dikaruniai kesembuhan oleh Allah…
    lumayan, pan… dapet kesempatan menebus dosa dengan berbagai sakit yang diderita… just… dont do suicide, okay?😆

    • September 29, 2009 4:17 am

      kalo sakit gak perlu masuk sekolah

      • September 29, 2009 4:18 am

        komen lagi

  2. September 29, 2009 3:39 am

    stujuu..
    apapuN sakitnya…sakiT itu GA ENAKK..>.<

    k dokteR ajahh dlu mas..biaR lebiH jelas gtoo..
    cpt sembuh yakkz..

  3. September 29, 2009 3:35 pm

    Aduuh bacanya ngilu! Sakitnya kebayang deh…
    Mohon maaf lahir batin juga pak guru🙂
    cepet sembuh dr penyakit kambuhannya ini ya

  4. September 30, 2009 7:37 am

    fan..sakit eman9 nda enak..
    tapi itulah cara DIA mene9ur umatnya..🙂
    bener kata yoan,ajan9 peleburan dosa🙂

    9et well soon yaaa..🙂
    klu aku radan9 bukan rahan9,tapi sama sama sakit,susah makan dan suara ilan9😀

    • October 6, 2009 10:23 am

      mau radang, ataupun rahang, kalo udah sakit selera makan jadi keganggu ya wi3nd!:mrgreen:

  5. October 3, 2009 3:53 pm

    wew… emang gak enak sakit itu yaa pakk..:mrgreen:

    • October 6, 2009 12:52 pm

      makasih buat info aspirin dan minyak tawonnya dil!:mrgreen:

  6. October 4, 2009 1:39 pm

    irfan maaf ya, bundo baru sempat singgah sekarang
    tentang rahang itu, sebaiknya irfan segera konsultasi ke dokter gigi
    bila ada masalah nanti mungkin diteruskan ke dokteh ahli Bedah Mulut
    jangan takut irfan, gpp kok..

    apakah selama ini pernah tjd kecelakaan yg menyebabkan benturan di rahang irfan?
    dan apakah irfan punya kebiasaan mengunyah hanya di satu sisi saja?
    biar masalahnya tak berlarut-larut irfan cepat periksa ya

    klo di Bandung bisa periksakan ke RSGM FKG Unpad di sekeloa
    Irfan di jogja ya? dekat sama kampus FKG UGM ga? coba periksa di klinik FKG
    OK Irfan, maaf bundo tak bisa banyak membantu..

    • October 6, 2009 10:30 am

      saya gak pernah kecelakaan yang menyebabkan benturan di rahang. tapi awal dari masalah rahang ini, waktu saya menguap terlalu lebar dan “keceklik” alias rahang bunyi waktu mau nutup mulut. malah jadinya gak bisa nutup mulut bundo….😦

      yep, saya kalo ngunyah cuma di satu sisi saja di geraham kiri. geraham kanan sudah di cabut. tapi yang sakit rahang itu di rahang sebelah kanan, yang gak pernah buat ngunyah.

      * nah kira-kira itu kenapa ya bundo bisa sakit rahang kaya gini?

      bandung daerah sekeloa?? saya tau daerah itu bundo, tapi gak tau ada RSGM FKG Unpad ya?:mrgreen:

      saya udah gak di jogja lagi bun, tapi sekarang saya sering ke bandung. setelah saya gugling, memang kalo periksa lebih baik ke dokter gigi dan mulut, jangan ke dokter umum. persis saran bundo diatas. masalahnya satu bundo : saya males pergi ke dokter!🙂

      makasih banyak lho bundo…

  7. wanti permalink
    October 1, 2010 9:06 am

    aku jg punya masalah rahang……mirip kayak kamu..udah lebih seminggu gak sembuh2 stress degh…
    km skrang sudah sembuh ya???

Leave a Reply

