Skip to content

Harapan Baru Kah?

October 1, 2009

Gedung DPR-MPR

Apakah gedung megah itu akan menjadi tempat mewujudkan harapan dari sekian ratus juta orang di negeri ini, rakyat Indonesia?

Hari ini, calon anggota DPR periode 2009 – 2014 akan dilantik menjadi anggota DPR. Penantian panjang untuk duduk di kursi yang katanya terhormat itu pun akan segera berakhir. Ya… hari ini dengan menghabiskan biaya tak kurang dari 45 milyar lebih, sang anggota dewan terhormat itu pun akan dilantik, dibawah sumpah yang seharusnya terikat dan mereka ingat terus.

45 milyar itu buat saya angka yang luar biasa untuk acara pelantikan para calon wakil rakyat itu. Gak sedikit yang bilang itu wajar, tapi gak kalah banyak yang bilang itu sangat-sangat gak wajar. Kalo ada yang bilang angka 45 milyar itu masih kurang, satu komentar dari saya : Gak Waras!

Yang terpilih tersenyum bangga akhirnya bisa menjadi wakil rakyat yang terhormat. Yang gak terpilih lagi, sibuk mengabadikannya dalam sebuah foto dan membereskan segala arsip-arsip sewaktu menjadi wakil rakyat. Wajah-wajah baru nampaknya menghiasi gedung megah itu sekarang. Mulai dari wajah artis, pelawak, komedian, anak dari para pejabat daerah, sampai politisi senior juga ada di gedung megah itu. Mereka-mereka inilah yang akan menjadi pilar-pilar demokrasi, dan membawa harapan dan amanat rakyat. Mereka inilah yang katanya disebut sebagai wakil rakyat.

Adakah mereka yang terpilih menjadi wakil rakyat periode 2009 – 2014 ingat janji-janji kampanye mereka dulu? Semoga ada. Atau jangan-jangan mereka malah terpikirkan kemewahan yang akan didapat oleh seorang anggota dewan? Mobil mewah, rumah dinas mewah, gaji dan tunjangan mewah, dan segala macamnya yang serba wah dan mewah. Apa itu? Semoga gak.

Jadi ingat sebuah lelucon sebuah tebakan :

Presiden dengan wakil presiden, gajinya lebih besar yang mana? Presiden. Gubernur dengan wakil gubernur, gajinya lebih besar yang mana? Gubernur. Bupati dengan wakil bupati, gajinya lebih besar yang mana? Bupati. Camat dengan wakil camat, gajinya lebih besar yang mana? Camat lah. RT dengan wakil RT, gajinya lebih besar yang mana? Jelas RT. Rakyat dengan wakil rakyat, gajinya lebih besar yang mana?…..

Ya gaji mereka lebih besar dari rakyat. Seharusnya mereka sadar, harus ada aksi yang lebih besar atas gaji besar itu. Bukan maen tonjok-tonjokan waktu rapat sidang atau pembahasan RUU. Bukan maen serong di ruangan kerja, sementara sang istri di rumah tahunya sang suami sedang melayani rakyat. Bukan jalan-jalan ke luar negeri dengan alasan studi banding. Bukan ngebut menyelesaikan RUU di ujung masa kerja yang udah mau habis. Dan bukan menghasilkan keputusan-keputusan yang gak memihak kepada rakyat, yang secara gak langsung memperpendek “hidup” rakyat yang diwakilinya.

Pelantikan. Awal dari sebuah harapan baru. Sebuah harapan yang sangat-sangat benar diharapkan terwujudkan. Wakil rakyat yang membawa harapan baru, harapan dari sekian ratus juta rakyat Indonesia yang merindukan keberpihakan penghuni gedung megah itu kepadanya. Saya menaruh harapan besar pada mereka untuk suara rakyat Indonesia dan harapannya. Saya gak butuh janji bualmu, yang saya butuh pembuktian mu. Talk less do more….

Pelantikan berharga 45 milyar lebih di tengah derita korban gempa bumi Sumatera Barat. Berharap “mereka” melihat, mendengar, dan mengulurkan tangannya untuk rakyat korban gempa yang diwakilinya di tengah kemegahan acara pelantikan.

Selamat hari kamis. Selamat untuk para wakil rakyat baru. Semoga berkah dan menjadi wakil rakyat yang sebenar-benarnya. Kalau ngantuk waktu sidang, minum kopi yang banyak ya!:mrgreen:

– – – –

Tapi lagi-lagi pertanyaan terakhir ini muncul, apa benar mereka masih bisa diharapkan?

14 Comments leave one →
  1. October 2, 2009 5:40 am

    kedudukan yang sudah mapan, kadang membuat mereka lupa akan tugas mulia yang diembannya… (melakukan korupsi dan memperkaya diri)..

    • October 6, 2009 12:49 pm

      memperkaya ko jadi anggota DPR. aneh ya…
      tapi apakah gedung megah itu udah jadi tempat memperkaya diri bagi sebagian orang yang katanya “terhormat” itu? entahlah penk…

  2. October 2, 2009 3:58 pm

    denger2 katanya gaji pertama mereka mw disumbangiN buat gempa mas..
    *KATANYA….*

    • October 6, 2009 12:40 pm

      semoga *KATANYA* itu benar adanya ya chie…
      soalnya aneh saja, Padang lagi kena bencana dahsyat malah di pelantikan mereka gak sama sekali menyinggung gempa bumi Padang. doa pun gak….😦

  3. October 3, 2009 4:00 pm

    harapan baru? kayak nama perumahan di bekasi, fan.:mrgreen:

    well, gmn ngajarnya pak? hihi

    • October 6, 2009 12:42 pm

      ooo…itu nama perumahan di bekasi ya dil? baru tau saya:mrgreen:
      *sambilmentungdila….

      ngajarnya? ya begitu, dinikmati saja. apapun yang dinikmati pasti enak dan kerasa nikmat! begitu kan dil?😀

  4. aden permalink
    October 4, 2009 4:05 am

    ternyata info yang saya cari-cari ada disini..

    salam
    foto bayi

  5. October 5, 2009 4:34 pm

    Terus berharap (drpd putus asa pak guru)
    walau pelantuikan mereka itu dimeriahkan dengan duka korban bencana..
    oh semoga bukan pertanda…

    • October 6, 2009 12:44 pm

      yep lebih baik berharap sedikit daripada gak berharap sama sekali…walaupun saya belum begitu yakin.

      gimana gak yakin, ditengah kemeriahan pelantikan gak menyinggung bencana gempa sama sekali, doa pun gak….😦

      semoga ini bukan pertanda…

  6. October 6, 2009 4:10 am

    entahlah fan..
    tapi harapan tak bole matikan?
    kita lihat sajah seirin9 den9an waktu….

    pelantikan yan9 men9habiskan uan9 raKyat..!!
    sun99uh terlalu…….

    • October 6, 2009 12:46 pm

      gak boleh mati dan seharusnya gak akan pernah mati….
      semakin terlalu kalo mereka gak memperjuangkan suara rakyat yang konon adalah suara “Tuhan”…

  7. October 6, 2009 5:04 am

    yups, setuju ama mbak eka. terus berharap meski dunia tak lagi percaya…. *nyanyilagunyaFloat* =p

    • October 6, 2009 12:47 pm

      *ikutannyanyibarengyoan….:mrgreen:

  8. October 7, 2009 11:34 am

    Menjalankan amanah itu berat lho. Janji di mulut sering lupa saat kekuasaan dan kekayaan dengan mudah didapat… mudah2an lah ya, mari kita lihat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: