Skip to content

Tanya dan Jawab

October 26, 2009

Bertanya dan menjawab sepertinya memang sama susahnya. Tapi mungkin juga akan terasa lebih mudah kalau memang ada hal yang bikin bertanya dan menjawab itu jadi mudah.🙂

Penasaran dan pertanyaan mulai timbul waktu di Sekolah Dasar. Kenapa saya harus belajar matematika? Dan jawaban yang saya tau waktu itu, belajar matematika supaya saya pintar ngitung. Kenapa saya harus mulai belajar mengaji? Jawaban yang saya punya pertama kali waktu itu, supaya saya gak dihukum dan bisa pulang lebih cepat karena yang sudah selesai ngaji dibolehkan pulang lebih dulu. Yang gak bisa ngaji? Ya…dihukum dulu!:mrgreen:

Sekolah Menengah Pertama sampai Atas semakin tambah jadi. Kurang suka dengan Fisika, dilampiaskan dengan pertanyaan Apa sih pentingnya belajar hukum Archimedes? Dipakai gak sih nanti di rumah? Kenapa sih mesti belajar hukum gaya? Gaya pegas lah, gaya gesek lah. Atau kenapa gelombang juga mesti dihitung? Amplitudonya lah, resonansinya lah. Atau apa sih pentingnya  ngapalin nama-nama ilmiah dari spesies binatang dan tumbuhan? Toh nanti juga cumi-cumi tetep dipanggil cumi-cumi, dan lumut akan tetap dipanggil lumut.

Berlanjut ke perguruan tinggi swasta. Apa iya nanti konsep-konsep yang disampaikan dosen di perkuliahan akan ada juga di dunia kerja? Nyatanya kerja praktek, tugas akhir, dan temen-temen kuliahlah, sumber terbesar ilmu saya akhirnya mulai berkembang. Tanpa mengecilkan peran dosen!😀

Dan haghh….semua itu rupanya berbalik ke saya yang sekarang mencoba mengembangkan ilmu di dunia per-guruan. Susah bikin anak seneng dan sering bertanya, gilirannya nanya ternyata nyari jawabannya susah. Dan sampai pada akhirnya ada seorang siswa yang bertanya, yang bikin saya inget lima paragraf di atas!

[lagi praktek]

Saya       : Bisa gak?

Siswa     : Susah pak….

Siswa     : Pak…emang belajar masalah ini, nanti di dunia kerja kaya apa? Emang ada ya pak? Bakalan kepake gak pak?

Saya       : ……

* [mikir lama buat nyari jawaban paling tepat] dan akhirnya jawaban saya cuma basa-basi!:mrgreen:

Anak yang lain nanya lewat sms…

+628522…    : pak….kalo tugas dari bapak udah selesai, nanti penerapan sebenernya gimana sih?

+628132…    : gini….[dan bla bla bla bla bla]

Kalau jawabannya pasti, jawaban pun insya Allah pasti akan cepat keluar. Tapi ini…saya juga gak tau jawabannya akan pasti atau gak. Satu hal yang jelas, saya gak mungkin bilang kalau pelajaran yang diajarkan itu omong kosong dan gak ada manfaatnya. Dan jelas saya harus kasih jawaban yang bikin anak tambah semangat buat terus berkembang. Bukan begitu? Nanya dan jawab ternyata sama susahnya ya!:mrgreen:

Selamat hari senin jelang selasa. Kadang memang manfaat gak akan langsung terasa setelah sesuatu hal dilakukan. Tapi saya yakin niat dan tekad yang baik, dilanjutkan dengan langkah nyata yang baik juga, insya Allah manfaat akan datang. Atau mungkin malah keajaiban. Langsung ataupun gak langsung.

– – – –

Dulu pernah nanya hal-hal tentang pelajaran yang jawabannya gak pasti? Atau malah ditanya pertanyaan yang sama?🙂

9 Comments leave one →
  1. October 27, 2009 12:18 pm

    heheh..sekaran9 murid ma 9uru bisa sMs_an ya fan😀

    hummm…iyah ju9a yah,nda smua plajaran ituh bisa diaplikasikan dikehidupan nyata,dunia kerja dan keseharian…

    disekulah mah teori smuanya😀

    • October 29, 2009 6:47 am

      haaa…iya sekarang mah udah bisa sms-an wi3nd!😀
      *di sekolah gak melulu soal teori wi3nd. justru mereka pada nanya pas jam praktek…

  2. October 28, 2009 9:21 am

    kami dulu pernah dijelasin sama guru matematika kesayangan kami, pan.
    bliau bilang, belajar matematika dari kecil itu biar otak kita terbiasa berpikir dan mencari solusi yang tepat dan logis.
    trus guru2 yg lain juga hampir sama kalo ditanya kenapa harus blajar ini, knapa harus blajar itu, intinya mungkin di dunia kerja nanti kita gak bakal ditanyain detail apa2 yg kita pelajari di skolah. tapi semua yg kita pelajari itu berdampak pada gaya berpikir dan cara kita menyelesaikan permasalahan hidup…

    CMIIW
    :mrgreen:

    • October 29, 2009 6:48 am

      gaya pikir dan menyelesaikan permasalahan hidup. nanti saya coba jawab yang sama kalau ada yang nanya lagi yo….:mrgreen:

  3. October 28, 2009 2:04 pm

    yep-yep. Jawabannya kek gurunya mba yo aja tuh. Emang pas kerja ga pakal disuruh ngerjain soal SD-SMA lagi, tapi latian mecahin masalahnya tetep kepake😀

    • October 29, 2009 6:49 am

      pemecahan masalah intinya…😀

  4. October 28, 2009 4:51 pm

    hmmmmm…………….. bilang ajah sama muridnya, “nak, jika kamu memahami dan sadar betapa nikmatnya mempelajari sesuatu pasti indah jadinya. tidak usah memikirkan untuk apa belajar ini pada saat ini. suatu saat kamu akan mengerti. :)”

    hehehe, sok bijak gue, fan.

    • October 29, 2009 6:52 am

      “….suatu saat kamu akan mengerti”. mudah-mudahan dil. mudah-mudahan juga mereka ngerti jawaban dari saya!😀

      *semogaindahjugabuatmereka…🙂

  5. November 6, 2009 2:46 pm

    hahahhahaha……
    pertanyaan muridnya itu lhooo
    to the point banget and bikin susah gurunya🙂

Leave a Reply

