Skip to content

Regedit

October 29, 2009

Iseng-iseng ngecek komputer yang ada di laboratorium komputer di sekolah dan niat mau nambahin komponen lewat registry. Tapi ternyata…muncul pesan registry editing has been disabled by your administrator!

regedit

Saya termasuk orang yang gak paham dengan registry, apalagi kalau udah muncul pesan error begini. Yang saya tau dari pesan error yang muncul : fasilitas registry telah di disable oleh administrator. Administrator yang mana? Saya juga gak tau.

Yang jelas kalau mau mulai masuk registry lewat klik Start –> Run –> [ketik] regedit –> muncul pesan error : registry editing has been disabled

Tanya ke teman, katanya masalah ada pada komputer udah kena virus. Beberapa teman yang punya masalah yang sama mengatasinya dengan jurus pamungkas, Windows XP diinstal ulang! Belum puas dan gak mau cepet-cepet install ulang, saya tanya ke mbah yang selalu menjadi tempat kalau udah ada penasaran begini, ya…mbah google!:mrgreen:

Dari hasi pencarian informasi lewat si mbah, ternyata memang masalah mungkin karena ada virus lokal di komputer yang bersangkutan. Dari sana, saya dapet beberapa solusi supaya registry bisa digunakan lagi lewat regedit tadi. Mulailah mencoba langkah-langkah solusi yang diberikan secara cuma-cuma dari pencarian dim bah google.

Cara pertama : lewat gpedit.msc

Apa itu gpedit.msc? Saya juga gak tau. Pokoknya saya pengen cepet-cepet langsung meng-enable registry atau regedit, tanpa mencari tau apa itu gpedit.msc. Langkahnya :

Klik Start –> Run –> [ketik] gpedit.msc –> OK. Akan masuk ke jendela Group Policy, perhatikan explorer sebelah kiri.

User Configuration –> Administrative Templates –> System. Double klik/pilih setting Prevent access to registry editing tools. Terakhir, pilih Disabled pada pilihan radio button.

Hampir semua komputer di lab yang regeditnya disabled, ada beberapa komputer yang akhirnya regedit bisa dibuka lagi. Tapi beberapa komputer lainnya, regedit/registry tetep gak bisa dibuka padahal langkah udah dilakukan sesuai yang diintruksikan. Ada apa gerangan?

Saya kemudian nyoba pake cara yang kedua : lewat Command Prompt

Informasi yang saya dapet dari sumber pencarian di si mbah, lewat command prompt nantinya DisableRegistryTools akan di delete secara manual supaya regedit bisa dibuka dan dipake lagi. Langkahnya :

Buka command prompt. Klik Start –> Run –> [ketik] cmd –> OK. Di command prompt, ketikan :

reg delete HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System /v DisableRegistryTools.

Nanti akan muncul konfirmasi. Ketikkan Y untuk mengiyakan konfirmasi. Terakhir, coba buka regedit lewat run, apa bisa dibuka? Semoga...

Sumber bilang regedit akan enable alias bisa dibuka lagi setelah langkah dilakukan dengan benar. Tapi ternyata gak berlaku buat saya. Regedit di komputer tetep gak bisa dibuka. Kenapa ya? Apa virusnya udah galak, dan gak mempan dengan cara ini? Gak tau juga. Kalau sudah begini, sepertinya ada bisikan supaya pake cara jalan pintas, jurus pamungkas. Apalagi kalau bukan install ulang windows!:mrgreen:

Selamat hari kamis. Terima kasih buat informasi yang ditampilkan si mbah yang udah ngasih pencerahan.

– – – –

Ada yang pernah punya masalah yang sama, dan berhasil dengan cara yang lain? Bisa dishare, supaya saya juga tambah pinter!😀

17 Comments leave one →
  1. October 29, 2009 6:25 am

    ampuuunnn…
    saya udah terlanjur baca, gak enak kalo gak komen, sebenernya mau saya kasi kucing tapi kucingnya juga ga doyan yang gak enak:mrgreen:

    kagak ngatri, pan. suer deh… :ngacir:

    • November 2, 2009 6:26 am

      gak masalah tante gak ngatri juga….😀

  2. October 29, 2009 1:56 pm

    sama ma yoan nda don9 fan ma 9inian :mr9reen:

    • November 2, 2009 6:27 am

      yo wis wi3nd, gak masalah. wong saya juga nda dong!:mrgreen:

  3. October 29, 2009 3:08 pm

    hohoho.. selamat hari kamis jugaaaa….😀

  4. Quincy permalink
    October 29, 2009 6:46 pm

    pake smadav juga bisa pa, klik tools > win force > trus klik apa yang mw dibuka (misal taskmanager(kalo disable sama admin kek diatas), cmd, dll.)

    • November 2, 2009 6:29 am

      langkah itu bisa enable-in regedit gak nus? mau nyoba tapi kompi di lab udah di install ulang semua!:mrgreen:

  5. October 30, 2009 7:08 pm

    Kenanga nggak ngerti begituan bang….
    jadi tambah sakit gigi nih..
    hehehehe

    • November 2, 2009 6:31 am

      waduh….ko malah bikin tambah sakit gigi ya!?:mrgreen:

  6. October 31, 2009 11:50 pm

    masih regedit ajah.😀

    *dila udah punya postingan baru tuh pan,,, pasti irpan pingin baca. hoho…*

    • November 2, 2009 6:31 am

      segera meluncur dil….
      *jangankaburdulu..!!😀

  7. November 1, 2009 9:08 pm

    aduh2…..bru pertama commad yeuh….
    abi mah teu ngartos dah nukitumah….tp hoyong d ajar oge….

    • November 2, 2009 6:32 am

      sami. abi ge teu ngartos…
      *selamatbelajarrin…😀

  8. November 1, 2009 10:56 pm

    mbah gugel emang dah.. saktimandraguna.
    nanti kalo ada masalah kek gini, aku main ke artikel ini lagi deh😉

    • November 2, 2009 6:34 am

      betul. saktimadragunasekali phiy! tinggal nanya terus enter, simsalabim ka arbaarba….lansung nongol semua!:mrgreen:

      *semogabermanfaatdilainwaktu…

  9. November 6, 2009 2:43 pm

    aku ndak pernah ngalamin ini, tapi jampi2 nya mbah gugel mantep juga ya pak guru🙂

  10. November 27, 2009 11:49 am

    seppppp jadi ngerti harus digituin
    thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: