Skip to content

Kotak Kode

November 4, 2009

Namanya QR Code. Pertama kali tau tentang QR Code dari postingan seorang blogger kondang, ndorokakung. Dari sana, tepatnya bulan Juli 2008 saya tau QR Code itu apa. Tapi waktu itu saya gak berminat untuk nyoba lebih jauh tentang QR Code.

Kemarin-kemarin, saya nyasar di blog (gak tau punya siapa) yang memosting topik ini juga. Dan ingatan saya masih terekam jelas kalau bulan Juli yang lalu saya juga udah dapat informasi yang sama. Barcode dua dimensi, alias QR Code. Kali ini, saya tertarik buat nyoba QR Code lebih jauh lewat QR Code generator.

Zxing dan Kaywa, salah duanya. Dua QR Code generator tersebut bisa dipake untuk menggenerate data yang kita masukkan menjadi sebuah QR Code. Saya udah nyoba dua-duanya. Tentunya ada persamaan dan perbedaannya. Persamaannya, keduanya jelas sama mudahnya buat digunakan. Perbedaannya, Zxing memiliki lebih banyak fasilitas untuk memasukkan data. Misalnya biodata dan location. Ya…kurang lebih begitulah.

Apa itu QR Code? Saya juga belum paham benar. Tapi kalau ada yang tertarik lebih jauh untuk mencari tau, bisa tanyakan ke si mbah google dan om wiki. Yang jelas konon katanya QR Code udah ada sejak tahun 1994, dan saya udah ketinggalan zaman banget baru tau dan nyoba sekarang!:mrgreen:

Saya iseng-iseng bikin QR Code lewat Kaywa QR-Code Generator. Nyoba masukin data ke content type : text. Nulis beberapa kata disana, dan hasilnya setelah di generate adalah seperti ini :

qrcode

Bagaimana buat ngebaca QR Code? Cukup dengan aplikasi QR Code Reader yang terinstall di hape, sebuah aplikasi Java yang bisa diinstal di tiap jenis hape, asalkan mendukung teknologi Java. Dan hape harus mempunyai fasilitas kamera. Kenapa harus ada kamera dan QR Code Reader? Untuk bisa membaca QR Code, hape harus memotret terlebih dahulu QR Code lewat aplikasi QR Code Reader. Dari sana, QR Code Reader akan membaca otomatis data-data yang terbungkus dalam barcode dua dimensi itu. Mudah, simple!

Aplikasi QR Code Reader untuk hape bisa di donlot di SINI. Tipe hape bisa dipilih sendiri di sana.

Selamat hari rabu. Terima kasih buat dunia blog. Wawasan saya jadi bertambah, termasuk tentang QR Code ini!😀

– – – –

Tertarik bikin kode-kode sendiri lewat QR Code?😀

13 Comments leave one →
  1. November 5, 2009 1:29 pm

    fun9sina wat apa fan??
    mataku kok puyen9 ya liat kodenya..
    *runyem😀 *

    irfan bilan9 ketin99alan jaman,lah aku apah doon?
    malah baru tau:mrgreen:

    • November 9, 2009 5:23 am

      fungsinya mungkin hampir sama dengan barcode, buat identifikasi benda. tapi Qr Code bisa digunakan lebih dari itu, bisa di pasang di kartu nama, iklan, atau cuma sekedar iseng-iseng aja wi3nd.

      *berarti sama-sama ketinggalan jaman atuh ya wi3nd!:mrgreen:

  2. November 6, 2009 2:18 pm

    wah makasih infonya, saya baru tau kalo seperti itu.
    wah dah ketinggalan jamah juga aku nih, padahal udah dari tahun 1994 hehehe…
    tapi kodenya kok kayak gitu ya? bikin pusing kalo dilihatin terus!
    Cara Membuat Blog

    • November 9, 2009 5:24 am

      mungkin karena dua dimensi jadi bikin pusing kalo diliatin terus…😀

  3. November 6, 2009 2:38 pm

    kalo kamu ketinggalan zaman, aku opo?
    lha baru rau skr pas baca di tempat pak guru je🙂
    ini untuk apa ya?
    reader gt?

    • November 9, 2009 5:26 am

      semacam barcode dengan kegunaan yang lebih luas mba ek. data-data tinggal dimasukkan terus digenerate, jadi code. misal data-data contact information (kartu nama), nanti bisa digenerate jadi Qr Code. ya begitu lah…

      supaya bisa dibaca kodenya, pake reader. ada ko aplikasi readernya yang buat hape. saya juga udah pake!😀

  4. November 6, 2009 10:40 pm

    slamaat hari jumat mas…
    barcode 2 dimensi?? hmm…baru ngerti gw ama yg namanya QR Code ..
    nice info mas..

    • November 9, 2009 5:27 am

      baru tapi lama. saya juga baru tau belum lama, padahal udah dari 1994!:mrgreen:

  5. November 8, 2009 4:52 pm

    wew,,,, keren fan, nambah lagi pengetahuan utkmu.😀

    • November 9, 2009 5:28 am

      semoga terus bertambah dil….😀

  6. November 9, 2009 8:30 am

    maksih infonya, ternyata aku sangat ketinggalan ya, malah baru tau disini

  7. November 9, 2009 8:31 am

    tapi kodenya kok bikin puyeng ya nih kepala?

  8. November 11, 2009 1:59 pm

    Saya pernah donlod utk bb. Tp bb nya malah hang. Dan ketika dicoba utk baca qr nya sebuah majalah (dgn cara difoto), ga bisa juga…

Leave a Reply

