Skip to content

SKJ

November 14, 2009

Ingat dengan SKJ? Hafal dengan SKJ 94? Atau gak tau sama sekali apa itu SKJ?😀

Bukan nama band, bukan nama makanan, bukan juga nama tongkrongan. SKJ yang ini adalah Senam Kesegaran Jasmani. Jejak rekam saya tentang SKJ bisa dibilang cukup buruk. Mengenal dari mulai SD sampai dengan SMP, saya sama sekali gak cukup tertarik dengan senam aerobik ini. Dan bisa ditebak, ikut SKJ dari SD sampai dengan SMP, merasakan mengalamai beberapa versi SKJ, saya pun gak hafal gerakan-gerakan SKJ dari mulai pemanasan sampai dengan pendinginan!

Gak tau kenapa, saya gak cukup suka dengan senam. Ikut acara perkemahan waktu SD yang setiap paginya diharuskan ber-SKJ ria, saya dengan teman-teman malah melarikan diri ke hutan buat lari pagi daripada ber-SKJ ria. Ini berlanjut sampai dengan SMP. Diwajibkan tiap hari jumat atau sabtu ber-SKJ bersama, dan beberapa kali pernah memimpin SKJ, saya pun sering kali salah gerakan. Pikiran waktu itu, “ah…mau salah, mau bener, yang penting mah senam!”:mrgreen:

Ingatan itu menjadi terbuka dan saya ingat kembali gara-gara ada teman yang mengirimkan link youtube lewat YM. Penasaran, saya langsung buka linknya. Dan ahaa…ternyata SKJ! Cengar-cengir sendiri ngeliat gerakan SKJ yang ada di video. Entah itu SKJ versi lama atau malah versi baru yang dibuat konyol!😀

Selamat hari sabtu. Sekarang SKJ masih ada gak ya? Kalau ada, selamat ber-SKJ ria. Kalau gak ada, selamat berolahraga di akhir pekan aja deh…

– – – –

Ada yang masih hafal gerakan-gerakan SKJ? Kalau lupa dan pengen bernostalgia dengan SKJ, video diatas bisa dijadikan “pedoman” gerakan!:mrgreen:

14 Comments leave one →
  1. November 14, 2009 9:56 am

    mau mengamankan pertamax dulu nih ……….😀 heheh .. kalo di sekolah ku nama seamnya senam sajojo

    • November 16, 2009 6:06 pm

      senam sajojo? temennya senam poco-poco bukan dik?:mrgreen:

  2. November 14, 2009 10:05 am

    Dulu, ketika namanya masih SPI (senam pagi indonesia) saya hapal gerakannya dan pernah juara 3 di tingkat SD. Kemudian SKJ (senam kesegaran jasmani tanpa angka tahun) juga hapal. Kemudian SKJ 88 mulai gak serius sampai SKJ 94 gak tahu sama sekali. Entah sekarang namanya apa, saya sendiri sudah gak pernah perhatikan. Dulu kan masih jamannya Pak Harto…

    Salam,
    HALAMAN PUTIH

    • November 16, 2009 6:09 pm

      *salamjuga…
      wah…hebatt bisa hapal senam-senam gitu ya, pernah juara lagi!😀

  3. November 14, 2009 6:40 pm

    dulu waktu esde saya sering SKJ di sekolah, sebelum masuk belajar musti SKJ dulu…
    tapi sekarang emang masih ada ?
    salam mas irfan

    • November 16, 2009 6:11 pm

      kayanya sekarang udah gak ada…
      tapi mungkin ada senam versi lain, kaya senam sajojo yang dibilang newbiedika.

  4. November 15, 2009 2:31 am

    huahahaha….parahh itumah dibuat konyol sob..:mrgreen:
    dan akhirnya kuakui tubuhku melunglai saat melihat ada gerakan SKJ yang unik hihihi sayang udah lupa dengan gerakan2 yang lainnya😳

    • November 16, 2009 6:12 pm

      saya juga cengar-cengir ngeliat video-nya riez… apalagi di bagian yang mau akhir-akhir. *ikutmelunglai…:mrgreen:

  5. November 15, 2009 9:03 am

    Jaman saya dulu tuh, anak sekolah jadi pada sehat n wajib mengikutinya. ntahlah sekarang sih wiken di taman kota bukan SKJ lagi tapi aerobik yang gak jelas gerakannya *sayang banget*

    • November 16, 2009 7:32 pm

      kalo yang ditaman kota pake pedoman skj kaya di video di atas gimana mamah aline? lebih baik dari aerobik yang “gak jelas itu”?😀:mrgreen:

  6. November 15, 2009 12:04 pm

    Saya udah lupa hampir semua gerakan, maklum, sekarang olahraga saya hanya berjalan kaki…

  7. November 19, 2009 1:00 pm

    fan,nda bisa ki buka youtubenya?
    jadi nda bisa liat &nda bisa ketawa neeh..
    yan9 apsti aku dah lupa ma 9erakan skJ😀

    • November 24, 2009 12:35 pm

      **balik la9i,masih nda isa dibuka ju9a je fan ??

      • November 24, 2009 9:06 pm

        bisa ko wi3nd. videonya muncul, bisa di play… masa gak bisa sih?
        *kenapa ya?

Leave a Reply

