Skip to content

2 Minggu Lebih

November 17, 2009

Bertahan dengan keyakinan bahwa dirinya benar memang sudah seharusnya, sekuat tenaga. Tetapi mengakui kalau dirinya salah mungkin gak sebanyak dengan yakin bahwa dirinya benar. Banyak hal dan pertimbangan ada di dalamnya. Saya gak tau, teman mengobrol juga gak tau, presiden juga mungkin gak tau. Mungkin kalian tau? Mungkin juga gak tau.

Menarik waktu baca harian Pikiran Rakyat, 16 Nopember 2009. Wawancara dengan Prof. Komaruddin Hidayat.

Sebagai anggota Tim Delapan, tantangan apa yang Anda rasakan?

Hal pertama yang mesti disampaikan, saya ini bukan ahli hukum, melainkan lebih menekuni kajian psikologi, theologi, dan budaya. Jadi, ketika melihat dari dekat dan terlibat dialog interogatif untuk melakukan verifikasi, bagi saya ini pengalaman baru. Yang saya kagum, bingung, dan kadang membuat kesal adalah bagaimana pihak-pihak yang kami temui itu berusaha meyakinkan kami bahwa dirinya benar. Tak bersalah sama sekali. Diantara mereka itu dengan lincah dan cerdik menafsirkan pasal-pasal KUHP untuk melindungi dirinya sebagai pihak yang benar. (Pikiran Rakyat, 16 Nopember 2009, Suhirlan Andriyanto)


Cerita cicak-buaya udah lepas dua minggu lebih, tapi saya belum juga yakin seratus persen mana yang sebenarnya benar, mana yang sebenarnya salah. Mana yang bersandiwara dengan kebohongan, mana yang gak.

Saya juga tertarik dengan pernyataan Amien Rais yang menolak kriminalisasi terhadap KPK, tapi juga menolak pendewaan berlebih terhadap KPK.

Seolah KPK dihuni para malaikat suci yang tidak mungkin melakukan skandal dan kejahatan hukum.

Seolah Polri telah menjadi demon atau gendruwo yang berbuat jahat dan bertugas menindas kebenaran dan keadilan. (vivanews.com, 6 Nopember 2009)

Kerja marathon Tim Delapan menghasilkan rekomendasi yang siap dilaporkan kepada Presiden, mungkin hari ini. Jaksa Agung, Kapolri, dan Kepala BIN juga udah menghadap terlebih dahulu kepada Presiden. Kalau udah begitu, bukankah sekarang “bola” ada di tangan Presiden? Semoga gak ada keraguan yang menjadi “ciri khas” Presiden kita dalam mengambil keputusan nantinya dan gak menjadi blunder bagi dirinya sendiri.

Selamat hari selasa [lagi]. Satu hari = dua postingan!! yeah!😀

– – – –

Jadi siapa ya yang “malaikat suci” dan siapa yang “gendruwo”? Atau semuanya sekarang sedang menyakinkan dirinya kalau sama-sama “malaikat suci”?:mrgreen:

13 Comments leave one →
  1. November 17, 2009 5:51 am

    perrrrrrrrtaaamaaxxx…………. ya sudah lah .. kalo mereka merasa pada jadi malaikat biariin saja .. hag hag

    • November 20, 2009 3:44 pm

      kalo dibiarin terus, nanti gak ketemu akhir dari kasusnya atuh. kasian pak SBY, dibikin pusing!:mrgreen:

  2. November 17, 2009 8:50 pm

    hmmm…. pak komeng (panggilan gw utk rektor gw tercinta itu) ajah bingung, apalagi dilaaa… ya ampun paakkk…:mrgreen:

    • November 20, 2009 3:45 pm

      apalagi saya dil…. ya ampun pak, ya ampun dil….:mrgreen:

  3. November 18, 2009 10:55 am

    entahlah, keputusan ada di tangan presiden. tunggu aja gimana nanti…

    • November 20, 2009 3:46 pm

      gimana nanti atau nanti gimana ya?😀
      *samasamanunggu….

  4. November 19, 2009 12:54 pm

    kita liat ajjah hasilna nanti🙂

    semo9a san9 pemimpin bisa menjalankan kepemimpinannya d9 benar yah fan..

    hemm entahlah,bener ju9a kata amien rais,kpk belum tentu semuanya malaikat pun d9 polisi..

    • November 20, 2009 3:48 pm

      iya wi3nd. mungkin juga ada gendruwo bertopeng malaikat….

  5. November 19, 2009 1:15 pm

    keputusan hari senin besok [kalau tidak salah] oleh presiden SBY..

    • November 20, 2009 3:49 pm

      hitung mundur dari sekarang ya…
      *sambutharisenin!😀

  6. riankurus permalink
    November 19, 2009 7:39 pm

    pejabat yg aneh2 saja

  7. November 20, 2009 7:13 am

    hmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm…… masih pusing soal ini…. mau kabur kedengeran terus nih berita, mau ngikutin malah mual-mual.😦

    • November 20, 2009 3:51 pm

      nah lho ko mual-mual to dil?
      pak SBY mual-mual gak ya dil? pusing jelas, kabur jelas gak bisa. banyak yang nunggu keputusannya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: