Skip to content

Akhir Semester

December 26, 2009

Enam tahun yang lalu ke belakang adalah masa-masa saya rutin mendapat buku raport di tiap catur wulannya. Masa-masa tegang disusul lega menunggu hasil belajar tiap pelajaran selama empat bulan. Tapi tahun ini, bulan, tanggal dan hari ini, saya pertama kalinya punya kesempatan membagikan buku laporan hasil belajar (raport)  itu kepada murid-murid di kelas.

Gak tau apa yang ada dipikiran para murid semalam di rumahnya masing-masing. Gak tau apa yang akan ada di pikiran para murid hari ini menunggu evaluasi belajar mereka selama satu semester. Tegang? Khawatir? Optimis? Pesimis? Atau malah biasa-biasa saja seakan ini bukan hari yang ditunggu, hari biasa saja, apapun hasilnya akan tetap biasa saja? Entahlah.

Kembali ke enam tahun yang lalu ke belakang, saya yang masih umur belasan tahun selalu tegang dan khawatir kalau hari ini adalah hari pembagian raport. Tegang karena khawatir hasilnya kurang memuaskan bahkan mengecewakan. Khawatir karena takut hasil yang diraih sekarang tak jauh lebih baik dari catur wulan sebelumnya. Pikiran dan perasaan saya waktu itu gak pernah biasa-biasa saja. Dan sholat dan do’a menjadi jalan terbaik buat menenangkan diri. Tawakal.

Hari ini saya berharap melihat wajah-wajah yang punya pikiran kalau hari ini adalah bukan hari biasa-biasa saja. Saya justru malah akan senang kalau melihat wajah-wajah mereka sedikit tegang dan khawatir tapi di susul dengan senyum dan tepuk tangan kalau saya nantinya mengumumkan hasil belajar mereka!😀

Satu semester sudah tugas saya jalani dengan sebaik-baiknya. Warna-warni ditemui di perjalanan, kadang senyum, kadang kesel, dan mungkin naik darah. Besok satu semester selesai, ditutup. Evaluasi diri dari seorang guru biasa-biasa saja seperti saya udah pantas dilakukan. Harus bagaimana semester depan nanti. Rencana dan strategi mulai berseliweran di pikiran buat ke-lebih baikan di semester depan. Banyak yang harus dilakukan oleh seorang guru yang jam terbang dan makan asam garamnya masih sedikit seperti saya. Belajar, belajar, dan terus belajar.

Akhirnya….

Selamat hari sabtu. Selamat berakhir pekan. Semoga hasil raport hari ini menjadi semangat baru buat mereka demi semester depan yang lebih baik. Dan…selamat liburan!!:mrgreen:

– – – –

Mulai menyisihkan uang lebih buat beli “sesuatu” sebagai reward/apresiasi atas kerja keras terbaik dari beberapa murid. Hari ini itu saya. Ada apa aja dengan hari kalian hari ini?

12 Comments leave one →
  1. December 26, 2009 3:55 pm

    kunjunGan perdana..
    hmmm..
    maenlah ke tempatkuuu

    fiyaaaa

    • December 28, 2009 6:30 am

      makasih….
      *kemarinkemarinudahberkunjungkesana…😀

  2. December 27, 2009 6:52 am

    wah ternyata guru ya.. rasanya apa ya kalo masih semuda itu trus jadi guru. semangat! kalo murid bandel, kasih 0 aja.. huehe:mrgreen:

    salam kenal yah!

    • December 27, 2009 9:39 am

      waduh bang.. kasihan kalau dikasih 0

    • December 28, 2009 6:26 am

      rasanya? luar biasa mas!😀
      jangan dikasih nol, cukup dikasih dibawah tujuh!:mrgreen:

  3. December 27, 2009 9:48 am

    dulu saya selalu baca surat yassin gitu.. dan sering puasa senin kamis.. jadi kepingin seperti dulu lagi, biar tidak nambah dosa sekarang…tapi nambah pahala..

    • December 28, 2009 6:28 am

      bener penk…pengen kaya dulu, gak nambah dosa tapi nambah pahala.
      *hapaldiluarkepalasuratyassinpenk? kereenn!!😀

  4. December 27, 2009 2:50 pm

    jalani pelajari dan tekuni sob…semangatt buat sobatku😀

    • December 28, 2009 6:29 am

      makasih riez…
      *salamsemangat!

  5. December 28, 2009 6:10 am

    tetep semangat aja, biar lancar ngajarnya…

    • December 28, 2009 6:29 am

      oke…salam semangat juga!

  6. January 4, 2010 3:59 pm

    iyah da9 di9 du9 derrr saat penantian raport itu..

    hemm akhirnya irfan bisa melewati tahap semester awal yah fan

    sukses bro,9imana jadi 9uru trus da kasih raport 9ituh?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: