Skip to content

Cobaan

March 8, 2010

Beberapa hari kemarin adik dari ibu main ke rumah. Setelah ngobrol sana sini, cerita tentang mbah yang di Jakarta, yang saya ingat sampai dengan sekarang adalah, beliau bilang : “Cobaan buat orang yang beriman memang seperti itu, lebih berat dari orang lain”

Saya malu mendengar ini. Malu karena terlalu sering mengeluh kalau dihadapkan sesuatu yang memang sama sekali gak diharapkan. Malu karena sering berprasangka buruk pada-Nya. Malu karena ini belum seberapa kalau dibandingkan dengan orang-orang yang diceritakan paman saya. Malu karena belum seberapa kalau dibandingkan dengan orang-orang yang menurut saya luar biasa.

Almarhumah nenek yang saya sebut dengan sebuatan mbah, ibu, bibi yang saya sebut dengan sebutan lilik , dan kakak saya yang saya sebut dengan sebutan aa adalah orang yang menginspirasi buat saya akan hal ini. Saya mungkin gak banyak tau cerita lengkap dari mereka, dan saya gak pandai bercerita buat diceritakan ke orang lain lagi. Tapi saya tau cobaan yang pernah dan sedang dialami mereka. Dan buat saya, mereka sosok yang luar biasa.

Kakak saya pernah bilang “Saya kadang bertanya dalam hati, dosa apa yang pernah saya lakukan sampai saya harus dapat cobaan seperti ini lewat anak-anak saya”. Tapi saya yakin kakak saya bukan tipe orang yang gampang menyerah.

“Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.”
– Al-Anfal [8] : 28 –

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat. “
– Al-Baqarah [2] : 214 –

Cobaan itu adalah ukuran kesempurnaan bagi sempurna atau tidaknya iman seseorang. Jadi cobaan itu perlu. Tinggal bagaimana kita sebagai manusia menyikapi semua cobaan yang datang pada kita. Bukankah seseorang boleh naik kelas kalau sudah lulus ujian?

Selamat hari senin. Semoga saya terus belajar dan bisa menjadi pembelajar. Dan digolongkan bersama orang-orang yang beriman dengan iman yang sebenarnya. Seperti kata lilik, “Lilik tau kamu kuat fan!”. Amin Yaa Rab…

– – – –

Yaa Rab…jika hal ini adalah untuk mengurangi dosa yang telah diperbuat. Ampuni Yaa Rab…. Saya ingin mati dalam keadaan iman pada-Mu dan khusnul khotimah….

Buat ponakan-ponakan saya yang luar biasa, Fadhli dan Fahri. Sebelum ustadz bilang “dari bentuk kepala dan sorotan mata, anak ini pasti jadi anak pintar”, saya udah punya keyakinan yang sama jauh sebelum ustad bilang, dan jauh sebelum mereka punya perbedaan yang jelas dengan anak kebanyakan. Saya yakin Allah gak akan pernah ingkar janji buat mereka, memberi “keajaiban” buat mereka.

14 Comments leave one →
  1. March 8, 2010 11:01 am

    Indah, ketika cobaan mengugurkan dosa-dosa
    Amin🙂

    • March 11, 2010 7:00 pm

      iya, indah ya kang.
      amin [juga] :smile”

  2. March 8, 2010 11:15 am

    sekali ke sini “ditampar” irpan… fufufu…

    • March 11, 2010 7:01 pm

      haduh….maafkan saya tante, sekali dateng langsung ditampar….
      *sambilsungkem….😀

  3. March 8, 2010 4:00 pm

    Cobaan itu bentuk interaksi cinta antara Tuhan dan hamba-Nya.

    “Yaa Rab…jika hal ini adalah untuk mengurangi dosa yang telah diperbuat. Ampuni Yaa Rab…. Saya ingin mati dalam keadaan iman pada-Mu dan khusnul khotimah….” Ikut mengaminkan…

    • March 11, 2010 7:02 pm

      jadi tetep, cobaan itu adalah perlu!😀
      *makasihudahikutmengaminkan…..

  4. March 8, 2010 8:41 pm

    mamahku sering banget bacain al-baqoroh 214 itu, memotivasi, biar ngga gampang nyerah🙂

    • March 11, 2010 7:03 pm

      saya juga kepingin gak gampang nyerah lagi phiy…

  5. March 9, 2010 11:43 am

    Amin Ya Rabb..

    dan cobaan adalah bentuk cintaNYA pda umat pilihanya🙂

    sin9 sabar yo fan..🙂

    • March 11, 2010 7:04 pm

      okeh wi3nd….insya Allah aku yo sabar, nek ra sabar iso jadi masalah besar!
      *jowoan,jadiingetJogja!:mrgreen:

  6. hellgalicious permalink
    March 10, 2010 1:57 pm

    baru mampir nih bang
    salam knal!

  7. BiJe permalink
    March 11, 2010 10:11 am

    cobaan adalah pendidikan dari Allah, semoga kita bisa menghadapinya dengan syukur dan sabar….🙂

  8. March 12, 2010 8:20 pm

    Subhanallah…kami kagum dengan blog sahabat, jika berkenan bergabunglah di aggeregasi web kami, caranya cukup memasang banner kami insya Allah setiap posting terbaru dari blog sahabat akan muncul di web kami.

  9. March 13, 2010 8:36 am

    Semua mendambakan kematian dalam Iman dan rahmat-Nya

Leave a Reply

