Skip to content

Rubik

July 6, 2010

Rubik, mainan yang beberapa bulan terakhir ini menjadi mainan yang terus saya utak-atik. Pertama kali pegang sekitar 4 bulanan kemarin, waktu ponakan beli rubik 3X3 dari pasar malem di alun-alun kecamatan. Dan waktu itu juga, saya cuma bisa menyelesaikan satu sisi aja, putih. Parahnya itu diselesaikan lebih dari satu malem!:mrgreen:

Cape dan gak sabaran gak bisa-bisa menyelesaikan semua sisi, si rubik hilang gak tau kemana. Bulan berikutnya ponakan saya beli lagi, lagi-lagi dari pasar malem dengan kualitas seadanya. Dan lagi-lagi saya cuma bisa menyelesaikan satu sisi aja, putih. Tapi untungnya itu diselesaikan gak nyampe lebih dari satu malem.

Semangat buat maen rubik pun ilang. Sampai akhirnya waktu ngajar di sekolah liat salah seorang murid perempuan maenan rubik di laboratorium komputer, dan tentunya rubik yang dia pegang berbeda kualitas dari rubik yang saya maenin “terbitan” pasar malem. Dan ternyata murid saya itu bisa menyelesaikan semua sisi dari rubik 3X3. Saya pun sempat diajarin oleh murid saya itu. Pikiran saya waktu itu, “masa saya kalah sih!?”:mrgreen:

Beberapa hari setelah itu, rubik seakan jadi primadona di sekolah. Beberapa anak saya liat maenin kubus yang satu ini. Keinginan saya kembali muncul buat menyelesaikan rubik kubus 3X3 ini. Saya pun akhirnya beli, tapi kali ini bukan kualitas pasar malem. Bermodal uang 50 ribu, cukup buat dapet rubik 3X3 dengan kualitas yang saya mau.

Dua minggu utak-atik rubik yang baru saya beli, akhirnya saya bisa juga menyelesaikan rubik kubus 3X3 ini. Dan tentunya dengan diawali belajar dari panduan yang saya dapet dari youtube. Hasilnya setelah lancar utak-atik, saya bisa menyelesaikan semua sisi dari rubik dengan waktu paling cepat 3 sampai 4 menit-an. Dan itu kayanya masih terlalu lama untuk seukuran rubik kubus 3X3. Target pun dipasang, semoga bisa minimal 2 menit-an lah!:mrgreen:

Ada hal yang saya dapet dari maen rubik ini. Buat menyelesaikan rubik kubus 3X3 ini, yang harus diingat adalah bukan menyelesaikan sisi per sisi. Tapi harus menyelesaikan lapis per lapis (layer). Konon katanya kalau sisi per sisi, besar kemungkinan akan merubah sisi yang udah tersusun sempurna kalau ingin lanjut ke sisi berikutnya. Tapi berbeda dengan layer/lapis. Nah…itu inti kesalahan saya waktu maen pertama kali rubik kubus ini. Saya terfokus buat menyelesaikan rubik kubus sisi demi sisi. Putih selesai, baru biru, dan seterusnya. Padahal bukan itu kunci menyelesaikan rubik kubus ini.

Selamat hari selasa. Saatnya lanjut berubik ria lagi…😀

– – – –

Waktu ke jogja kemarin, ada temen yang punya rubik lebih rumit. Bukan seperti rubik kubus pada umumnya yang tiap sisi berbeda warna. Tapi rubik kubus satu warna yang tiap layer/lapisnya berbeda ukurannya (bertingkat). Liatnya aja udah ribet dan terbukti waktu nyobanya!:mrgreen:

Setelah seach tentang rubik di internet, ternyata banyak juga jenis-jenis yang gak umum dan sepertinya jauh lebih ribet. Berminat nyoba? Atau udah jago, selesai kurang dari satu menit?😀

Gambar diambil dari pencarian gambar di google.

19 Comments leave one →
  1. July 7, 2010 3:18 am

    Iya, sekarang memang musimnya rubik. Aku lihat punya keponakanku, ternyata rubiknya berbeda jauh dari rubik yang biasa aku lihat. Kayanya lebih ribet. Jujur aja, aku nggak bisa nyelesaiin rubik. Pusing

    • July 12, 2010 5:31 am

      betul, rubik lagi jadi primadona sekarang. dari anak-anak sampe ke yang dewasa….
      *makasih fan buat kejujurannya…:mrgreen:

  2. julianusginting permalink
    July 7, 2010 8:07 am

    saya pikir agak susah ngutak atiknya ya sob..

    • July 12, 2010 5:32 am

      awalnya emang susah sih, tapi kalo dipelajari lagi berasa gampang….

  3. July 7, 2010 1:40 pm

    Wah… saya juga kepengen maen.. tapi belom sempet beli. Pengen rubik yang kualitasnya wokeh, jadi bisa lama dipakainya.😀
    Kalo di Bandung dimana yach?

    • July 12, 2010 5:34 am

      di bandung pasti banyak yang jual. saya pernah liat di BIP yang harganya 55 ribuan (rubik kubus 3X3). di gramedia merdeka juga ada, tapi harganya mahal. pernah liat juga yang jual rubik segitiga, tapi lupa dimana…..

  4. July 8, 2010 1:28 pm

    aq juga pengen bisaaa😀 ada langkah2nya emang. kapan hari ada yg ngajarin tapi tetep aja lum bisa T.T

    • July 12, 2010 5:36 am

      cuma butuh waktu aja nis, kesananya pasti jadi mahir, seengganya bisa sedikit!😀

  5. July 8, 2010 5:35 pm

    kmaren2 pas liat ada lomba cepet2an otak-atik rubik…
    jdi kagum bgt ama orangnya,bsa cpt bgt..
    tpi waktu nyoba,,susahhhnya..ampunn dah butuh waktu lama bgt
    hehe..

    • July 12, 2010 5:38 am

      selain latihan, ditambah kualitas rubik yang bagus pasti bisa cepet… butuh kesabaran! hhee….

  6. July 9, 2010 3:32 pm

    Nyeraaaaaaaaaaaaaah😀
    gue gak bisa rubik😦

    • July 12, 2010 5:39 am

      belum bisa, gak bisa, mau bisa atau tetep nyerah mba??:mrgreen:

  7. July 9, 2010 11:49 pm

    Buat aku maen rubik susah, selalunya hanya beberapa sisi sudah sama, pas mau merubah bentuk sisi yang sebelahnay sisi yang udah betul jadi kacau, salah tehnik perpainannya ya?? kyk yg di jabarin di atas. jadi ampe skrg lum bisa. hehee..

    kudu belajar lagi deh:)
    lam kenal
    http://ckemboja.blogspot.com

    • July 12, 2010 5:40 am

      intinya : jangan berpikir untuk menyelesaikan sisi per sisi, tapi lapis per lapis. begitu katanya, dan udah dicoba, berhasil!

      *lamkenaljuga…

  8. bob permalink
    July 10, 2010 7:42 pm

    itu namanya rubik mirror, kalo search di you tube bnyak kok tutorialnya, caranya sama seperti nyelesein rubik 3×3, aku udah coba n lebih mudah menurut aq dr rubik 3×3.
    aq nyelesein rata2 45 dtk.

    • July 12, 2010 5:42 am

      ooohhh…jadi namanya rubik mirror to? lebih muda, masa? wah patut dibeli dan dicoba nih….
      makasih buat infonya….

  9. July 11, 2010 6:52 pm

    gila nih, sepupu2 kecilku pada bisa. Aku diajarin berkali2 ga bisa2 juga. Pusyiiing (x.x)
    ada yg segitiga pulak. Itu yg bikin pasti jago matematika deh. Terus nda ada kerjaan xD

    • July 12, 2010 5:44 am

      masa kalah sama sepupu kecil phiy? saya aja gak mau kalah sama murid!:mrgreen:
      bener tuh, saya sering dibilang “kaya gak ada kerjaan aja” gara-gara keseringan maenan rubik. tapi sementara ini masih “masa bodo”, yang penting bisa nyelesein rubik kurang dari 2 menit!😀

  10. harumhutan permalink
    July 24, 2010 11:05 am

    hebat 2 menit!

    aku malah bermenit menit😀

    dengan kuaLitas pinjem punya ponakan:mrgreen:

    besok beli akh,wat iseng kalu lagi nunggu🙂

    makasi fan,ntar ajarin yah caranya😀

Leave a Reply

