Skip to content

Fesbuk Anak Sekolah

October 3, 2010

Pelajar atau peserta didik mungkin kalangan yang paling gemar login dan logout laman jejaring sosial mereka. Sebut saja fesbuk. Tiap detik, tiap menit, tiap jam, tiap hari, dan setiap kejadian yang dialami sebisa mungkin selalu terupdate lewat jejaring sosial mereka. Yang gak punya fesbuk ya gak gaul, begitu katanya. Atau yang udah punya twitter baru bisa dibilang gaul. Atau semacamnya lah. Ada lagi….yang gak update status ya gak eksis.

Sebut saja tingkah laku peserta didik lewat status-statusnya di fesbuk mereka. Kalau gak cinta ya ngeluh, atau malah bahkan ada yang mengumpat dengan kata-kata yang kasar. Satu hal lagi, nama fesbuknya aneh-aneh!!

Saya biasa konek ke internet hampir tiap hari, dan sekedar login sebentar di fesbuk. Dan sering menemukan tingkah laku peserta didik di news feed laman home fesbuk saya. Misalkan si A sebut saja nama fesbuknya superboy adalah pasangan si B sebut saja superwoman. Dan jadilah nama fesbuk mereka adalah superboyluphsuperwomanselamanya dan superwomanluphsuperboyselamanya. Hebat kan!?:mrgreen:

Itu contoh sederhana dari nama-nama fesbuk peserta didik yang hampir rata-rata gak menuliskan nama aslinya. Contoh lain dari tingkah laku peserta didik di fesbuk adalah lewat status-statusnya. Teman guru pernah laporan ke saya bahwa salah satu peserta didik mengupdate status dengan kata-kata yang gak pantas setelah si peserta didik dimarahi habis-habisan karena tertangkap tangan sedang merokok di lingkungan sekolah. Dengan emosi dan tanpa sadar, si peserta didik mengupdate status dengan mengumpat guru dengan kata-kata kasar dan ingin membakar sekolah! Walah…

Tingkah laku yang lain adalah status fesbuk yang mengeluh. Saya sering nyentil dengan kalimat sindiran ke peserta didik kalau sedang ulangan di kelas, “abis ulangan ini bapak mau buka fesbuk, siapa tau banyak yang ngeluh tentang ulangan hari ini…”. Peserta didik langsung cengar-cengir tanda tersentil!😀

Tingkah laku yang paling rame dari status fesbuk para peserta didik adalah soal cinta. Ada yang seneng karena abis ketemu sama mantan pacarnya. Ada yang mengeluh karena sang pacar gak perhatian. Atau ada juga yang mengupdate status soal cinta dengan kalimat-kalimat yang puitis dan bombastis dengan huruf besar kecil digabungin!

Bahkan dari update status para peserta didik saya jadi tau ada peserta didik yang bolos sekolah. Bilangnya ijin sekolah, eh malah rajin update status yang aneh-aneh, tiap sekian menit pula! Nak…kamu gagal buat bisa ngibulin bapak!:mrgreen:

Saya sendiri jarang mengupdate status soal kegiatan-kegiatan saya dan apa yang dipikirkan saya hari itu. Malah makin banyak aja yang bilang kalo status-status fesbuk saya adalah aneh dan gak ngerti buat dimengerti. Buat saya itu adalah sukses besar!:mrgreen:

Dunia internet menawarkan segala macam sisinya, fesbuk misalnya. Fesbuk punya beberapa settingan yang seharusnya diketahui. Tapi masih banyak settingan-settingan ini yang belum diketahui terutama oleh para peserta didik. Update status seenaknya tanpa melihat kiri kanan. Upload foto yang macem-macem yang bisa diliat dan dicopi semua orang. Tanpa memikirkan baik dan buruknya. Dan ini menjadi tugas selingan saya di sela-sela memberikan pelajaran di kelas untuk sedikit memberikan pengetahuan tentang masalah ini. Semoga bisa….😀

Selamat hari ahad. Selamat berakhir pekan!

– – – –

Kembali jarang bikin postingan baru. *penyakitkambuh!:mrgreen:

11 Comments leave one →
  1. October 3, 2010 9:47 am

    Hmmm, Pak Gurunya tentu lebih jago dong dalam urusan Facebook.🙂

    Nama yang aneh dan alay gitu emang kenapa ya dipakai sama ABG2? Nggak gaul ya kalo pake nama asli? hihihi…

    • October 16, 2010 7:00 pm

      pak gurunya gak jago fesbukan ko. nama aneh dan alay mungkin buat mereka adalah bentuk kreatif yang berlebih mba!😀

  2. October 5, 2010 9:09 am

    hehe… pak guru merhatiin aja nih…

    irfaannn,….. apa kabaarr.. ayo utang review Area X manaaaa..😛

    • October 16, 2010 7:01 pm

      haduh….iya dila, masih punya utang yang kudu dilunasin nih ke dila…. maap ya… semoga bisa! *harusdipaksakanlagi

  3. October 5, 2010 12:28 pm

    stuja Fan!

    pak guru iRfan harus memberikan hal yang postif bagi para pacebukers..

    sindir sindir ajah terus tuch para anak didiknya😀

    *aku ndak gaul donk,hawong ndak punya Fb:mrgreen:

    selamat hari selasa fan,semoga harimu indah

    semangaadh!!

    • October 16, 2010 7:07 pm

      iya yang ketauan statusnya aneh-aneh pasti dah ta sindir wi3nd. wi3nd tetep gaul, lha wong rutin updet posting blog, gak kaya saya!😀

  4. October 5, 2010 8:14 pm

    Udah, Bakar aja tuh sekolah biar ramai😉 haha

    “Saya sendiri jarang mengupdate status soal kegiatan-kegiatan saya dan apa yang dipikirkan saya hari itu” berarti ini contoh yang gak gaul ya,, hehe

    • October 16, 2010 7:08 pm

      iya bener, saya memang gak gaul! hhhee….

  5. mandor tempe permalink
    October 15, 2010 1:27 pm

    pak gurunya ternyata lebih gaul daripada muridnya. bahkan sebelum murid bertindak sudah disindir terlebih dahulu hihihihi.
    Untung saya gak punya akun fesbuk😀

    • October 16, 2010 7:09 pm

      yang komen atas bilang gak gaul, bang mandor bilang gaul, jadi sebenernya saya gaul atau gak sih ya?:mrgreen:

  6. February 21, 2011 10:08 pm

    miris…
    bahkan adik saya yg masih SMP pun ikt2 an..

Leave a Reply

