Skip to content

Part

November 4, 2010

Begitu senangnya ketika kemudahan datang bergantian. Hambatan pun berasa dilalui begitu mudahnya karena kemudahan yang datang. Hasilnya pun mudah ditebak, apa yang diharapkan tercapai terasa mudah didapat. Dan semata-mata kemudahan itu atas kehendak-Nya karena Dia begitu sayang pada mahluk-Nya, manusia.

Tetapi ketika kesulitan datang, kemudahan begitu sulit buat ditemukan. Semua berasa mandeg gak berujung pada kemudahan yang diharapkan. Dan hasilnya pun kadang gak sesuai dengan yang diinginkan. Dan lagi-lagi itu semua karena kehendak-Nya.

Kemudahan dan kesulitan pasti silih berganti datang memberi warna pada hidup kita. Senyum lebar tersungging ketika kita mendapat kemudahan, tapi muka kusut cemberut ketika kesulitan giliran datang pada kita. Buat saya itu wajar. Tapi menjadi gak wajar jika kita mengutuk kesulitan yang sedang mampir dalam periode hidup kita. Kita senang mendapat kemudahan dan sudah pasti ingin menerimanya, maka kita juga harus siap ketika pada saatnya giliran kesulitan yang datang pada kita. Kata orang, ini roda hidup manusia. Terus berputar seiring berjalannya waktu.

Kemudahan dan kesulitan itulah yang sekarang sedang menjadi pembelajaran buat saya. Allah Maha Baik, dan saya yakin itu. Bagaimana seharusnya kita mencari kemudahan dan bersikap ketika mendapat kemudahan. Dan bagaimana seharusnya kita menghadapi kesulitan yang memang gak diharapkan sama sekali oleh kita dan bersikap ketika kesulitan itu menjadi kemudahan.

Seperti permainan sepakbola. Disaat kemenangan sudah di depan mata sampai dengan waktu normal 2 kali 45 menit berjalan, tapi harus menelan pil pahit pada akhirnya kemenangan menjadi hasil imbang atau bahkan kalah di sisa injury time yang diberikan. Itulah sepakbola, susah ditebak. Disaat kemudahan berujung pada kebahagiaan yang udah di depan mata, tapi pada akhirnya harus ikhlas menerima kenyataan bahwa kebahagiaan harus tertunda sementara waktu. Itulah hidup, sama seperti pertandingan sepakbola.

Gak ada do’a baik yang gak bisa dikabulkan-Nya. Rencana-Nya jauh lebih baik dan indah daripada rencana yang diangan-angankan kita sebagai mahluk-Nya. Yang terbaik menurut kita belum tentu menjadi yang terbaik buat-Nya. Dan saya percaya….pada saatnya nanti janji-Nya akan benar-benar saya rasakan, bahwa kehendak-Nya adalah yang terbaik dan rencana indah buat hidup saya….

Selamat hari kamis.

– – – –

Kuncinya : sabar, ikhlas, tawakal dan percaya pada-Nya….

4 Comments leave one →
  1. November 5, 2010 9:17 am

    seLamat hari jumat dulu fan😀

    yah sabar ikhlas adalah sahabat yang tak terpisahkan yang harus melekat terus pada jiwa jiwa yang beriman..

    kemudahan dan kesulitanpun adalah pasangan yang serasi.

    kita pasti bisa melalui itu fan,selalu ada jalan untuk kebaikankan?

  2. November 6, 2010 10:22 am

    Semua yang diberikan oleh-Nya, pasti ada maksud tersendiri.
    Dan benar, segalanya pasti demi kebaikan kita.
    Apa yang terjadi akan indah pada waktunya.
    Tetap semangat🙂

  3. November 7, 2010 3:49 am

    ada 2 kemudahan setelah 1 kesulitan.. (QS.Al-Insyiroh : 5-6)

  4. November 9, 2010 11:22 am

    nice post…
    kunjungi ini ya..
    klik ini
    thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: