Skip to content

Cerita Mereka

November 26, 2010

“Mas anaknya Pak Dayat ya?” Tanya ibu setengah baya yang lagi duduk di depan warung sop. “iya..” jawab kakak saya. “Saya muridnya Pak guru. Dulu diajar sama pak guru. Sekarang udah punya anak dan cucu. Anak saya yang kecil juga gurunya bapak.” cerita ibu tadi. “Salam ya buat bapak…” sambungnya lagi.

Di lain tempat dan kesempatan…..

“Pak…, Pak Dayat apa kabarnya? Katanya sekarang ngajar lagi ya?” Tanya salah satu murid saya di sekolah. Murid yang lain pernah cerita “Waktu SMP, saya pernah punya kenangan sama Pak Dayat pak. Saya pernah ditampar gara-gara nendang pintu”. Saya senyum-senyum aja denger cerita dan pertanyaan-pertanyaan tadi.

Saya sering dapat cerita-cerita dari banyak murid yang pernah diajar oleh guru yang satu ini. Banyak dapat kesan yang meluncur tanpa paksaan dari mereka padahal saya gak pernah meminta atau nanya.

“Pak…bapak dan ibu saya pernah diajar sama Pak Dayat. Katanya bapak mirip sama Pak Dayat itu, suka ngasih reward buat yang ulangannya bagus. Tapi bedanya bapak mah gak galak, tapi pak Dayat galak…”. Cerita siswa yang lain setelah beberapa hari saya ngasih reward buku atas nilai ulangan yang dia dapat.

Selamat hari jumat. Selamat hari guru. Selamat buat Pak Dayat, guru pertama saya yang gak lain adalah bapak saya sendiri. Saya tau beliau, mungkin yang ada di pikirannnya cuma tentang pendidikan dan sekolah. Setelah pensiun pun akhirnya beliau kembali ke sekolah. Beliau tulus dan ikhlas sampai dengan sekarang yang saya tau.

– – – –

Saya pengen seperti beliau….

7 Comments leave one →
  1. November 28, 2010 6:36 am

    irfaaaannnn lama tak jumpaa.. selamat hari guru yaa.. baca dunk postingan dhila ttg hari guru http://dhila13.wordpress.com/2010/11/25/di-tanggal-25/

  2. November 28, 2010 4:30 pm

    saya juga ingin seperti beliau. Seorang guru itu seorang yang kaya lho. Jika ilmunya bermanfaat, faedahnya akan tetap mengalir bahkan saat mereka meninggal.

  3. November 29, 2010 3:40 pm

    telat fan..
    tapi ndak papa yaa..

    selamat hari guru.
    salam sayang untuk para guru..

    insya Allah irfan bisa seperti bapak..

    salam juga untuk bapaknya,pak dayat😀

  4. November 30, 2010 9:46 am

    Saya selalu salut pada guru yang masih memiliki ruh seorang guru
    semoga kau jua sahabatku

  5. November 30, 2010 4:56 pm

    subhanallah.. :’)

  6. mandor tempe permalink
    December 1, 2010 11:37 am

    Benar-benar salut dengan Pak Dayat. Semangat mendidiknya tetap segar meskipun sudah pensiun. Selamat hari guru kepada Pak Dayat dan seluruh guru di Indonesia. Tugas anda sungguh mulia mencerdaskan anak-anak bangsa

  7. December 2, 2010 9:16 pm

    selamat hari guru juga buat mas irfan..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: