Skip to content

Penting : BackUp

January 3, 2011

Sambil nunggu ide buat postingan baru….

Kehilangan data penting memang bikin bingung gak kepalang, mungkin juga bisa bikin nangis, laki-laki cengeng sekalipun. Saya dan laptop saya harus nerima kenyataan kalau data-data di dalam hardisk eksternal trans**nd saya hilang, dua kali tepatnya. Yang pertama gara-gara virus shortcut, tapi akhirnya bisa pulih lagi berkat bantuan smadav dan commandprompt, data selamat, dan belum bikin nangis. Yang terakhir dan teraktual adalah gara-gara ke format, data bener-bener hilang, dan yang ini hampir bikin nangis!:mrgreen:

Awalnya maen-maen partisi dan format, tapi mungkin karena ngantuk dan gak konsen malah hardisk eksternal ke format total. Pikiran saya langsung “Data saya!!??? Arrghhh….kampr*t!!”

Ok, sebenernya bukan data penting buat sebagian orang tapi penting banget buat saya. Foto-foto : foto wisuda, foto keluarga, foto zaman kuliah dan ngekost, dan foto sama si Dia!😀

Film : Film-film koleksi saya hasil download-an dari indowebster yang pastinya recommended buat ditonton. Naruto : Naruto manga, Naruto Shippuuden, Naruto the movie yang udah saya koleksi dari awal kuliah. Dan sedikit data-data master software. Semuanya hilang!

Berbekal ketenangan yang sedikit dipaksakan, kebingungan yang dipaksakan tenang. Mulailah pencarian informasi bagaimana mengembalikan data yang udah keformat. Dan pencerahan itu datang dari software recovery Recuva dan GetDataBack for NTFS, yang kebetulan tanpa disadari ternyata saya udah punya dalam CD Hiren’s Boot.

Beberapa kali mencoba, kesabaran menunggu berjam-jam buat selesai proses pencarian datanya, dan laptop yang dipaksa kerja rodi yang selama hampir dua hari full gak di turn off, akhirnya data-data sebagian terselamatkan, walaupun ada beberapa data yang gak bisa diselamatkan. Foto Wisuda, Foto jaman kuliah, beberapa (baca : banyak) episode Naruto Shippuuden, dan beberapa juga (bacajuga : banyak) film koleksi hasil download-an indowebster.

Dan pesen dari temen yang sambil ngeledek memang harus saya amini “Udah….ikhlaskan aja semua datanya…”. Ya memang pada akhirnya harus saya ikhlaskan dan pelajaran harus saya dapat. Betapa pentingnya satu kata ini, BACKUP!

Selamat hari senin.

– – – –

Ditulis pertengahan bulan kemaren. Pernah juga mengalami kasus yang sama???

6 Comments leave one →
  1. mandor tempe permalink
    January 3, 2011 7:36 pm

    ugh sayang sekali kalau data-data yang sudah ada itu hilang.
    Saya pernah mengalami itu, memang data- data yang pernah kita buat itu tidak ada gantinya

  2. harumhutan permalink
    January 11, 2011 4:18 pm

    inalilahi…

    trus sekarang uda diback up fan?

    foto fotokan masih ada di kamerakan fan?

    pa kabar faan ..🙂

    • January 15, 2011 2:29 pm

      udah di recovery wi3nd….data-data sebagian kembali lagi utuh, sebagian laginya (baca : banyak) udah rusak alias ilang, termasuk foto wisuda! 😦

      foto-foto dulu pas jaman kuliah, atuh jelas udah gak ada lagi di kamera, kameranya juga dapet minjem wi3nd…😀

      alhamdulillah baik disini. kemana aja harumhutan? gak kena ilegalloging kan?:mrgreen:

      • January 16, 2011 6:44 pm

        penunggu hutannya dah balik euy:mrgreen:

        • January 20, 2011 11:17 am

          @ nisa:

          xixixi..iyah nduuk,Nyai Harumhutan sudah bertahta lagi:mrgreen:

      • January 20, 2011 11:16 am

        waaacckk…wekss.berarti banyakan yang ilang dan rusak yaa😦

        haduch foto wisuda??

        ikut belasungkawa fan,itu moment yang tak bisa kemabali lagi😦

        temennya masih ada kan fan?
        pinjem lagi😀

        ada ajah kok,dihutan,pengen sendiri sepi kemarin,sekalian memberantas hama dan para ilegalloging itu😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: