Skip to content

Inginkan Perubahan!

February 20, 2011

Sepakbola sudah terbukti mampu membangkitkan nasionalisme masyarakat Indonesia. Sepakbola sudah terbukti bukan milik satu golongan tertentu. Sepakbola juga sudah terbukti bukan diminati oleh kaum adam saja. Dan sepabola juga sudah terbukti mampu membuat merinding ketika lagu kebangsaan dinyanyikan sebelum pertandingan dimulai. Momen pembuktian terdekat yang lalu, Piala AFF sudah menjadi bukti itu semuanya.

Saya pencinta sepabola, termasuk sepakbola Indonesia. Saya termasuk orang yang ingin meneriakkan “Nurdin Turun….Nurdin Turun!!!” bersama dengan supporter lain ketika Piala AFF digelar di stadion GBK. Walaupun pada akhirnya saya cuma  bisa meneriakkan itu didepan layar televisi.

Ya, ini soal Nurdin yang gak mau turun sampai dengan sekarang. Berita terakhir yang saya baca adalah lolosnya Nurdin dan Nirwan Bakrie sebagai calon ketua umum PSSI yang baru, sedangkan George Toisutta dan Arifin Panigoro akhirnya tidak lolos. Semakin ngeri saja buat saya jika benar-benar Nurdin Halid ini menjadi ketua umum selanjutnya, melanjutkan prestasi tanpa gelar selama dua periode kekuasaan sebelumnya.

Entah apa yang ada dipikiran dan hati Nurdin Halid ketika hampir seluruh supporter di stadion GBK yang meneriakkannya untuk mundur. Entah apa yang ada dipikirannya jika Nurdin Halid benar-benar membaca spanduk bertuliskan “Lindungi Indonesia dari godaan nurdin yang terk*t*k!”. Jika benar-benar Nurdin memasabodohkan ini, buat saya Nurdin memang benar-benar tidak punya hati atas seruan para pencinta sepakbola Indonesia.

Jika memang benar-benar nantinya Nurdin Halid meneruskan dinasti kekuasannya di PSSI, jelas saya kecewa. Mungkin anda juga yang sama-sama pencinta sepakbola Indonesia akan sama kecewanya, kecuali jika anda memang benar-benar pendukung setia Nurdin. Unjukrasa, umpatan, makian, seruan, sampai dengan nyanyian di youtube rupanya belum cukup untuk membuka hati dan menurunkan Nurdin. Jangankan itu, regulasi FIFA yang menyatakan bahwa para pengurus PSSI tidak boleh pernah dan sedang tersandung kasus saja diacuhkannya, kira-kira itu yang pernah saya baca di portal berita.

“Tak mau disalahkan, Nurdin Ali, manusia macam apa kau” – Sayyidin Band –

Jika para supporter seluruh Indonesia sama lantangnya dengan para petinggi FPI yang “mengancam” mem-Ben Ali kan SBY, saya akan jauh lebih senang. Sangat-sangat menunggu seluruh supporter Indonesia bersatu untuk me-Mesir kan PSSI, mem-Ben Ali kan Nurdin Halid, revolusi total PSSI jika Nurdin Halid kembali menjabat ketua umum PSSI. Kami ingin perubahan!

Ujung tombak revolusi itu buat saya sekarang ada di para supporter besar klub-klub Indonesia, jika memang menginginkan perubahan. Para petinggi PSSI sudah tidak bisa dipercaya dan diandalkan lagi, mereka menutup hati, mata, dan telinga. Para pejabat pemerintahan terkait sampai dengan Presiden pun tidak ada pernyataan dan tindakan tegas atas keinginan hampir semua pencinta sepakbola Indonesia. Yang ada hanya pernyataan tersirat saja.

Akhirnya….saya berharap semoga kemungkinan Nurdin Halid menjadi ketua umum PSSI tidak menjadi kenyataan. Berharap ada gerakan nyata, revolusi dari para supporter jika kemungkinan itu menjadi kenyataan. Jika tidak ada sama sekali, masa suram sepakbola tanpa prestasi sepertinya akan berlanjut.

Selamat hari ahad.

Tulisan ini dari pencinta sepakbola Indonesia yang menginginkan perubahan, yang menginginkan pergantian kepengurusan, yang sudah jenuh dengan kepemimpinan Nurdin Halid. Nurdin Halid, tanggalkanlah jabatanmu!!

4 Comments leave one →
  1. February 21, 2011 8:12 pm

    sepak bola bukannya menjadi ajang prestasi tp ajang judi 😦 (*turut prihatin)

  2. February 22, 2011 1:08 pm

    sulit memang menebak apa yg ada difikiran NH. semua sangat misteri. jelas2 semua kalangan sudah mendukung dia utk turun dari jabatan ketua PSSI dan tak melanjutkan. tetapi tetap saja mencalonkan kembali.

    salut memang buat NH. salut dalam artian negative. dan orang seperti itu memang kadang tak punya hati.

    bagaimana kalau seluruh fans bola di Indonesia tak menghiraukan lagi sepakbola, dan media pun ikut tak menanyangkan apa saja tentang bola. apakah bisa ? karena ini olahraga rakyat dari seluruh dunia, saya fikir memang sulit.

  3. March 2, 2011 11:57 pm

    saya nggak paham kalau soal PSSI mah, yang jelas pas saya masih kecil, duemeeeennn banget sama sepak bola😀

  4. March 10, 2011 10:48 am

    sepertinya masih proses neeh fan..

    dan semoga sajah perubahan kali ini benar benar perubahan yang sesungguhnya yang memabwa kebaikan untuk PSSI,akhirnya nurdin di proses lagikan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: